Mustamu, Elijah Joel and Ngatno, Ngatno (2020) PENGARUH INOVASI PRODUK PADA LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA KONSUMEN KFC SRONDOL)/50/adbis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh berkembangnya dunia industri makanan cepat saji secarapesat di Indonesia menyebabkan tingkat persaingan untuk mendapatkan hati konsumen semakintinggi. Keunikan dan inovasi baru produk dari para pelaku usaha dapat menghasilkan kontinuitasdan kekuatan mereka dalam bersaing dengan para pesaing lainnya, terutama pelaku usaha yangmemiliki lawan yang dapat mengancam keberlangsungan hidup perusahaan tersebut. Salah satucontoh restoran fastfood di Indonesia yaitu KFC. Berdasarkan data yang diperoleh, produkinovasi dari KFC penjualannya mengalami naik turun dan hanya satu yang mengalami kenaikansecara terus menerus. Artinya setelah konsumen mencoba produk-produk baru tersebut, tidak adajaminan bahwa konsumen akan langsung menyukainya dan akan loyal pada restoran.
Tipepenelitian ini adalah explanatory research dan pengambilan sampel menggunakan Teknik Purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan google form.Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 58 responden yang pernah membeli produk baru KFC.Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien relasi, koefisien determinasi,regresi sederhana, signifikansi uji t, dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwainovasi produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dan juga loyalitas konsumen,kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, serta terdapat pengaruh antarainovasi produk dengan loyalitas konsumen melalui kepuasan pelanggan.Berdasarkan hasilanalisis yang dilakukan, maka peneliti menyarankan supaya KFC lebih memperpanjang masamereka dalam menjual produk inovasi, lebih menggencarkan promosi produk inovasi merekamelalui media cetak maupun media sosial, membuat produk-roduk KFC lebih unik dan menarik,meningkatkan kualitas dari produk-produk mereka, serta melakukan penelitian pada masyarakatterhadap keinginan dan kebutuhan.
Kata Kunci: Inovasi Produk, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | Users 162 not found. |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 07:59 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 07:28 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8068 |
Actions (login required)
View Item |