Search for collections on Undip Repository

PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI BRAND ATTITUDE DAN BRAND CREDIBILITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK WARDAH (Studi Pada Mahasiswi FISIP Universitas Diponegoro) /49/adbis/2020

Rukmana, Dwi Noviyanti and Widiartanto, Widiartanto (2020) PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI BRAND ATTITUDE DAN BRAND CREDIBILITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK WARDAH (Studi Pada Mahasiswi FISIP Universitas Diponegoro) /49/adbis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstraksi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya kosmetik yang bermunculan dengan berbagai macam jenis. Pada tahun 2017 terdapat 760 perusahaan dibidang kosmetik yang ada di dalam negeri mengalami peningkatan sebesar 20%. Salah satu produk kosmetik yang ada di Indonesia yaitu Wardah yang di produksi oleh PT. Paragon Technology and Innovation. Wardah telah banyak mendapatkan berbagai penghargaan. Namun hal tersebut tidak membuat minat beli wardah terus meningkat hal ini ditunjukkan dengan data yang didapat yaitu terdapat penurunan persentase pertumbuhan penjualan pada tahun 2018 dan 2019.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser terhadap purchase intention melalui brand atttitude dan brand credibility sebagai variabel intervening pada produk Wardah. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dan pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan google form. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100 responden yang pernah atau sedang menggunakan produk Wardah. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien relasi, koefisien determinasi, regresi sederhana, signifikansi uji t, dan uji sobel.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorser dan brand attitude berpengaruh terhadap purchase intention serta celebrity endorser berpengaruh terhadap brand attitude. Sedangkan brand attitude dan brand credibility tidak dapat memediasi hubungan celebrity endorser dengan purchase intention.Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, maka peneliti menyarankan Wardah agar memilih selebiriti yang dapat mewakili generasi milenial saat ini agar dapat lebih mudah dikenali oleh konsumen, memperbanyak variasi kosmetik yang cocok bagi jenis dan warna kulit wanita Indonesia, lebih memperbaiki iklan mereka, mengemas iklan dengan menonjolkan keunggulan-keunggulan produk Wardah agar konsumen lebih tertarik terhadap Wardah setelah melihat iklan Wardah, serta Wardah dapat mengkaji ulangdan memperbaiki kualitas produk-produk yang memang menurut konsumen tidak sesuai klaim.
Kata Kunci: Celebrity Endorser, Brand Attitude, Brand Credibility, dan Purchase Intention

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: Users 162 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2022 08:02
Last Modified: 09 Sep 2022 07:27
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8062

Actions (login required)

View Item View Item