Nauly, Chelsea and Saryadi, Saryadi (2020) Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen ( Studi Pada Konsumen J.Co Donuts & Coffee di Semarang ) / 36/adbis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Keadaan dengan banyaknya usaha bisnis yang bergerak di bidang makanan & minuman cepat saji menjadikan setiap usaha harus mampu bersaing untuk tetap berjalan. Perusahaan yang dapat bertahan adalah perusahaan yang dapat mempertahankan konsumennya dengan strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai sasarannya. Salah satunya dengan memberikan brand image yang dapat dipercaya dan kualitas produk yang baik guna menciptakan kepuasan. Dengan terciptanya kepuasan maka timbul perilaku pembelian ulang sehingga akhirnya mendorong konsumen untuk menjadi konsumen yang loyal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen.Tipe penelitian yang dipakai adalahexplanatory research. Sampel yang digunakan sebanyak 86 responden yang pernah melakukan pembelian pada J.Co Donuts & Coffee Java Supermall. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online google formdan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan analisis uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi sederhana, uji t, uji mediasi, dan path analysisdengan bantuanprogram aplikasi SPSS versi 20.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh brand image terhadap kepuasan konsumen, terdapat pengaruh brand image terhadap loyalitas, terdapat pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen, terdapat pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen, terdapat pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen. Berdasarkan hasil uji mediasi, kepuasan konsumen merupakan variabel intervening parsial dalam memediasi pengaruh brand image terhadap loyalitas konsumen dan kepuasan konsumen merupakan variabel intervening parsial dalam memediasi kualitas produk terhadap loyalitas konsumen. Hasil uji path analysis menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara variabel brand image terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening dan terdapat pengaruh antara variabel kualitas produk terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening.
Adapun saran yang dapat diberikan kepada perusahaan agar meningkatkan brand image dengan re-branding logo dan memperbaiki kualitas produk donat agar tidak terlalu terkesan kopong, mengganti jenis biji kopi agar minuman tidak terlalu asam, dan memperbarui porsi frozen yogurt.
Kata kunci : Brand Image, Kualitas Produk, Loyalitas Konsumen, Kepuasan Konsumen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | Users 162 not found. |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 08:11 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 06:40 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8044 |
Actions (login required)
View Item |