Search for collections on Undip Repository

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH (Studi Pada Mahasiswi FISIP Universitas Diponegoro) / 26/adbis/2020

Izanah, Amanatun and Widiartanto, Widiartanto (2020) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH (Studi Pada Mahasiswi FISIP Universitas Diponegoro) / 26/adbis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (765kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Published Version

Download (203kB)

Abstract

Abstraksi

Indonesia merupakan pasar yang sangat bagus untuk industri kosmetik, menurut data Kementerian Perindustrianindustri kosmetik lokal mengalami kenaikan pertumbuhan 20% atau empat kali lipat dari pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun 2017.Salah satu perusahaan lokal yang mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia dalam industri kosmetik adalah PT Paragon Technology and Innovation dengan produknya yaitu Wardah.Hal ini dapat dibuktikan dari berbagai penghargaan yang diterima oleh Wardah. Akan tetapi jika dilihat dari data penjualan PT Paragon Technology and Innovation DC Semarang, volume penjualan mengalami penurunan sebesar 7,53% pada tahun 2018 dna 4,31% pada tahun 2019.
Tipe penelitian ini adalah explanatory research, dengan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara variabel Bauran Pemasaran yang terdiri dari Product, Price, Place and Promotionterhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi pada Mahasiswi FISIP Undip. Metode penelitian yang digunakan yaitu Non Probability Sampling dengan teknikPurposive Sampling. Sampel yang dikumpulkan sebanyak 100 responden mahasiswi FISIP Undip pengguna Wardah.
Berdasarkan hasil analisis olah data dengan SPSS 22 menjelaskan bahwa variabel product, price, dan promotion secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel place secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu variabel product, price, place dan promotionsecara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Peneliti memberikan saran kepada pihak Wardah berdasarkan nilai rekapitulasi terendah yang diberikan responden pada indikator penilaian, yaitu dengan memproduksi produk yang cocok untuk segala jenis kulit, mengurangi harga dan meningkatkan kualitas produk agar daya saingnya lebih tinggi daripada produk pesaing, memberi tanda seperti banner atau plang di outlet Wardah dan diletakkan pada tempat yang dapat dilihat konsumen, dan membuat promo bundle atau hampers pada momen tertentu seperti hampers hari raya, hampers christmasdan hampers tahun baru.

Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Produk, Harga, Tempat, Promosi,Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 05 Sep 2022 01:28
Last Modified: 09 Sep 2022 06:17
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7993

Actions (login required)

View Item View Item