Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HOTEL DAFAM SEMARANG / 21/adbis/2020

Ovidani, Zunta and Hidajat, Wahyu (2020) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HOTEL DAFAM SEMARANG / 21/adbis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA
DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HOTEL DAFAM SEMARANG

Abstraksi
Perhotelan adalah salah satu organisasi yang bergerak di bidang jasa penginapan. Hotel Dafam semarang adalah salah satu usaha jasa yang terletak di kota semarang. Hotel yang sudah berdiri sekitar 10 tahun ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang pada akhirnya terjadi penurunan pendapatan yang disebabkan oleh beberapa faktor.
Penilitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research, sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan kriteria sedang menggunakan jasahotel Dafam semarang, memiliki minimal usia 25 tahun dan telah menggunakan jasa room hotel Dafam Semarang minimal sebannyak 2 kali. Proses pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner, wawancara lanjutan dan observasi. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS 21.0 for Windows dengan dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi sederhana dan berganda, dan uji signifikansi (uji t dan ujiF).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, variabel kualitas pelayanan (X1) harga (X2) dan kepercayaan (X3) bersama-sama memiliki pengaruh yang positif terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y). Dari hasil koefisien determinasi, variabel kualitas pelayanan yaitu 0,101 atau 10.1%, variabel harga yaitu 0,413 atau 41.3%,variabelkepercayaanyaitu 0,62 atau6.2%, yang bila dijumlah tidak mencapai 100%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa sebagian kepuasan pelanggan pada Hotel Dafam adalah kualitas pelayanan, harga, dankepercayaan di mana sisanya merupakan sumbangan yang diberikan oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Kata kunci: harga, kepercayaan, kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Depositing User: Users 162 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 01:23
Last Modified: 09 Sep 2022 04:32
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7987

Actions (login required)

View Item View Item