Kurnianda, Eva and Skripsa, Tira Hamdillah and Utami, Aras (2022) Hubungan Kualitas Pelayanan terhadap Tingkat Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Puskesmas I Kemranjen. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text (COVER)
EVA KURNIANDA-22010218140055-KTI-COVER.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 1)
EVA KURNIANDA-22010218140055-KTI-BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2)
EVA KURNIANDA-22010218140055-KTI-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
EVA KURNIANDA-22010218140055-KTI-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
EVA KURNIANDA-22010218140055-KTI-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
EVA KURNIANDA-22010218140055-KTI-BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6)
EVA KURNIANDA-22010218140055-KTI-BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
|
Text (DAPUS-LAMPIRAN)
EVA KURNIANDA-22010218140055-KTI-DAPUS-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pendahuluan: Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama di Indonesia, sehingga sangatlah penting untuk menjaga kualitas pelayanan yang diberikan. Terlebih dalam perawatan gigi dan mulut karena pelanggan sangat memperhatikan hasil dari pelayanan tersebut. Kualitas pelayanan yang baik dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan yang dapat mendukung pelanggan untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja Puskesmas I Kemranjen pada tahun 2022. Keseluruhan sampel berjumlah 179 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner kualitas pelayanan SERVQUAL dan kuesioner tingkat pemanfaatan pelayanan. Uji statistik yang digunakan yaitu uji korelasi Spearman dan dilanjutkan dengan uji regresi logistic ordinal. Hasil: Terdapat hubungan yang signifikan antara tampilan fisik (p=0,000), keandalan (p=0,000), daya tanggap (p=0,000), jaminan (p=0,000), empati (p=0,000) terhadap tingkat pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut Puskesmas I Kemranjen. Simpulan: Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tampilan fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati terhadap tingkat pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut Puskesmas I Kemranjen.
Kata kunci: Kualitas pelayanan, tingkat pemanfaatan, kesehatan gigi dan mulut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Kualitas pelayanan, tingkat pemanfaatan, kesehatan gigi dan mulut. |
Subjects: | Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine > Department of Dentistry |
Depositing User: | Upload Mandiri FK |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 03:42 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 07:54 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7976 |
Actions (login required)
View Item |