Wulandari, Prativi Putri and Widayanto, Widayanto (2020) PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL MEREK TOYOTA (Studi pada Konsumen PT Nasmoco Majapahit, Semarang) / 14/adbis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian
Mobil Merek Toyota
(Studi pada Konsumen PT Nasmoco Majapahit)
ABSTRAK
Industri otomotif berkembang sejalan dengan perkembangan jumlah
penduduk. Persaingan yang lebih ketat di dunia otomotif terutama mobil
mengharuskan perusahaan untuk melakukan inovasi baru agar terus dapat menarik
perhatian konsumen sehingga melakukan keputusan pembelian. Toyota merupakan
perusahaan mobil ternama yang selalu memegang posisi teratas penjualan mobil di
seluruh Indonesia termasuk di Kota Semarang. Akan tetapi pada tahun 2015 – 2018
PT Nasmoco Majapahit, selaku salah satu authorized Toyota dealer di Kota
Semarang tidak dapat memenuhi target penjualan yang ditetapkan. Hasil dari pra-
survey mengenai pertimbangan sebelum pembelian mobil merek Toyota di PT
Nasmoco Majapahit menunjukkan faktor yang paling dipertimbangkan pembeli
adalah promosi dan kualitas pelayanan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh promosi dan
kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian mobil merek Toyota di PT
Nasmoco Majapahit. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe explanatory
research dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Teknik sampling yang
digunakan adalah nonprobability sampling dengan metode purposive sampling dan
praktik di lapangan menggunakan accidental sampling. Pengumpulan data
menggunakan kuesioner dengan skala pengukuran likert. Data di analisis
menggunakan IBM SPSS Statistics for Windows versi 24.
Berdasarkan hasil analisis olah data terdapat pengaruh positif dan signifikan
antara variabel promosi dan keputusan pembelian. Kualitas pelayanan juga
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil
analisis juga menunjukan bahwa variabel promosi dan kualitas pelayanan secara
bersamaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Penulis memberikan saran kepada pihak PT Nasmoco Majapahit untuk
meningkatkan promosi yang dilakukan agar lebih menarik pembeli, menjaga dan
tetap meningkatkan kualitas pelayanan baik dari fisik kantor maupun tenaga sales
agar pembeli merasa lebih nyaman dan yakin untuk melakukan pembelian mobil
merek Toyota di PT Nasmoco Majapahit.
Kata kunci : Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | Users 162 not found. |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 01:19 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 08:42 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7967 |
Actions (login required)
View Item |