Rosyidin, Dendy Maulana and Prihatini, Apriatni Endang (2020) PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TRAVELOKA.COM (Studi pada Konsumen Traveloka.com Kota Semarang) / 07/adbis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengaruh E-service quality dan Brand trust terhadap Keputusan
Pembelian pada Traveloka.com
(Studi pada Konsumen Traveloka.com Kota Semarang)
ABSTRAKSI
Online Travel Agent (OTA) merupakan agen perjalanan dengan penjualan
berbasis online atau melalui website yang diberikan perusahaan untuk dapat
memenuhi kebutuhan konsumen. Traveloka.com menjadi salah satu perusahaan
Indonesia yang bergerak di bidang OTA. Traveloka.com juga mendapatkan
penghargaan dari BrandZ dibawah perusahaan Global WPP yaitu Most Powerful
Indonesia Technology Brand dan Most Innovative Brand ditahun 2017. Namun,
survey Top Brand Index ditahun 2018 Traveloka.com mengalami penurunan serta
meingkatnya keluhan konsumen ditahun 2018 ke tahun 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-service quality dan
brand trust terhadap keputusan pembelian Traveloka.com. Tipe penelitian adalah
explanatory research dan pengambilan sample menggunakan teknik
nonprobability sampling, metode purposive sampling. Pengumpulan data
menggunakan google form. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden
yang menggunakan layanan Traveloka.com di Kota Semarang. Penelitian ini
menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif dengan uji validitas, reliabilitas,
koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi sederhana dan berganda,
signifikasi uji t dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan variabel e-service quality dan brand trust
berpengaruh terhadap keputusan pembelian Traveloka.com. Koefisien korelasi
variabel e-service quality dan brand trust terhadap keputusan pembelian memiliki
hubungan kuat. Koefisien determinasi variabel e-service quality terhadap
keputusan pembelian Traveloka.com sebesar 36,3 persen, sisanya 63,7 persen
dipengaruhi oleh variabel lain dan koefisien determinasi variabel brand trust
terhadap keputusan pembelian Traveloka.com sebesar 37,5 persen sisanya 62,5
persen dipengaruhi oleh variabel lainnya
Adapun saran yang dapat diberikan kepada perusahaan agar dapat lebih
meningkatkan kualitas layanan dan menciptakan layanan inovasi yang dapat
memenuhi berbagai macam kebutuhan konsumen.
Kata Kunci: E-service quality, Brand trust, Keputusan Pembelian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | Users 162 not found. |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 01:16 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 08:30 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7958 |
Actions (login required)
View Item |