Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA STIGMA DISABILITAS DENGAN INTERAKSI GURU-SISWA PENYANDANG DISABILITAS PADA SEKOLAH DASAR INKLUSI

Ningsih, Diah W. and Widayanti, Costrie G. (2022) HUBUNGAN ANTARA STIGMA DISABILITAS DENGAN INTERAKSI GURU-SISWA PENYANDANG DISABILITAS PADA SEKOLAH DASAR INKLUSI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Abstrak .pdf

Download (129kB)

Abstract

Pendidikan inklusi merupakan salah satu alternatif belajar bagi siswa penyandang disabilitas. Interaksi guru-siswa menjadi salah satu indikator keberhasilan dalam pembelajaran. Sedangkan interaksi guru-siswa dapat dipengaruhi oleh label dan stereotip yang merupakan bagian dari stigma. Interaksi guru-siswa memiliki pengaruh pada perkembangan sosio-emosi siswa di masa depan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara stigma disabilitas dengan interaksi guru-siswa penyandang disabilitas pada sekolah dasar inklusi. Guru sekolah dasar negeri inklusi di Kota Salatiga dipilih untuk menjadi populasi penelitian ini dengan jumlah 190 orang dari 20 sekolah dasar negeri inklusi. Teknik cluster random sampling dipilih dan memperoleh sampel minimum 129 orang dari 15 sekolah.. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Skala Interaksi Guru-Siswa Penyandang Disabilitas (14 aitem, α = 0,822) dan Skala Stigma Disabilitas (19 aitem, α = 0,900). Analisis data dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan teknik Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan negatif yang signifikan antara stigma disabilitas dengan interaksi guru-siswa penyandang disabilitas pada sekolah dasar inklusi (N = 130, rho = -0,404, p = 0,000, p < 0,05). Artinya, semakin rendah tingkat stigma disabilitas yang dimiliki oleh guru, maka semakin tinggi kualitas interaksi guru-siswa penyandang disabilitas begitu pula sebaliknya. Hasil penelitian ini digunakan sebagai masukan untuk guru agar memperhatikan cara pandang dan interaksinya dengan siswa khususnya siswa penyandang disabilitas.
Kata kunci: stigma disabilitas, interaksi guru-siswa, sekolah inklusi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:44
Last Modified: 18 Jan 2024 04:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7800

Actions (login required)

View Item View Item