Ramadhani, Afifah and Widodo, Prasetyo Budi (2022) Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Stres Akademik Saat Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Baru Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Undip.
Text
ABSTRAK_Afifah Ramadhani_15000118120054.pdf Download (295kB) |
Abstract
Peralihan memasuki dunia perkuliahan dari Sekolah Menengah Atas atau SMA merupakan sesuatu yang normatif yang dialami oleh seluruh mahasiswa baru. Namun, peralihan ini juga menyebabkan stres karena peralihan terjadi secara bersamaan dengan perubahan yang lain, baik dalam diri individu, di dalam keluarga, atau di perkuliahan. Stres akademik adalah kekhawatiran mahasiswa dalam menghadapi berbagai tuntutan yang berkaitan dengan bidang akademik. Efikasi Diri adalah keyakinan individu dan evaluasi diri terhadap kemampuannya untuk menyelesaikan tuntutan tugas dan tindakan tertentu dalam rangka mencapai tujuan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan secara empiris hubungan antara efikasi diri dengan stres akademik saat pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 pada mahasiswa baru Universitas Diponegoro.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 12.038 mahasiswa aktif Universitas Diponegoro Angkatan 2021 dengan sampel sebanyak 190 orang dengan melibatkan 70,5% perempuan dan 29,5% laki-laki. Pemilihan subjek dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala Efikasi Diri (35 aitem, α= 0,924 ) dan skala Stres Akademik (32 aitem, α= 0,903). Hasil analisis non-parametrik Spearman Rho menunjukkan nilai koefisien rxy= -0,692 dengan p= 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan semakin tinggi efikasi diri maka semakin rendah stres akademik pada mahasiswa. Sebaliknya semakin rendah efikasi diri, maka semakin tinggi stres akademik pada mahasiswa.
Kata kunci: Efikasi Diri, Stres Akademik, Mahasiswa baru
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 04:32 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 04:32 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7773 |
Actions (login required)
View Item |