Wijayaningtyas, Kristin and Dewi, Endah Kumala (2022) Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Belanja Online Produk Skincare Pada Mahasiswa Aktif Di Jawa Tengah. Undergraduate thesis, Undip.
Text
Abstrak_Kristin Wijayaningtyas.pdf Download (92kB) |
Abstract
Perilaku konsumtif adalah tindakan membeli barang yang tidak terlalu diperlukan secara terus menerus untuk meraih kepuasan sehingga lebih mementingkan rasa keinginan dibandingkan kebutuhan. Konformitas merupakan perilaku seseorang untuk mengikuti pola-pola perilaku di dalam kelompok karena adanya suatu tekanan agar sama dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris hubungan konformitas dengan perilaku konsumtif belanja online produk skincare pada mahasiswa aktif di Jawa Tengah. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif di Jawa Tengah berjenis kelamin perempuan, serta sampel penelitian yang diambil berjumlah 101 responden. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan melalui pendekatan accidental sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini yaitu alat ukur konformitas (25 aitem; α = 0,891) dan alat ukur perilaku konsumtif (36 aitem;α = 0,935). Analisis data menggunakan analisis korelasi product moment yang menunjukkan adanya hubungan positif antara konformitas dengan perilaku konsumtif belanja online produk skincare pada mahasiswa aktif di Jawa Tengah (rxy = 0,703; p =0,000), dimana semakin tinggi konformitas, maka semakin tinggi perilaku konsumtif. Sebaliknya, semakin rendah konformitas, maka akan semakin rendah pula perilaku konsumtif.
Kata Kunci : Konformitas, Perilaku Konsumtif, Mahasiswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 04:29 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7763 |
Actions (login required)
View Item |