Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PERPUSTAKAAN ERASMUS HUIS JAKARTA

Sukmajati, Maria Amanda and Ganggi, Roro Isyawati Permata (2021) ANALISIS PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PERPUSTAKAAN ERASMUS HUIS JAKARTA. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
SKRIPSI_Maria Amanda Sukmajati.pdf
Restricted to Repository staff only until 2025.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas media sosial Instagram pada Perpustakaan Erasmus Huis
Jakarta yang dimanfaatkan sebagai media promosi perpustakaan. Tujuan dari penelitian
ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penggunaaan media sosial Instagram
@erasmushuis_jakarta sebagai media promosi Perpustakaan Erasmus Huis Jakarta.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengambilan data penelitian ini
menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi dan studi dokumentasi. Informan
dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini yaitu
pustakawan Perpustakaan Erasmus Huis Jakarta. Metode analisis data yang digunakan
yaitu menggunakan reduksi data (Data reduction), penyajian data (Data display),
penarikan kesimpulan atau verifikasi (Conclusion drawing/ Verification). Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan Perpustakaan Erasmus Huis
Jakarta dilakukan dengan beberapa hal yaitu, mengungah konten ke dalam fitur
Instagram feed, menggunakan fitur Instagram story, dan menggunakan fitur IGTV.
Pelaksanaan promosi oleh @erasmushuis_jakarta meliputi kegiatan periklanan
(advertising), acara khusus dan pengalaman (special event & experiences), pemasaran
langsung dan digital (direct & digital marketing), serta hubungan masyarakat dan
publisitas (public relation & publicity). Adapun tujuan melakukan promosi
perpustakaan melalui Instagram adalah memberikan gambaran secara menyeluruh
mengenai profil, kegiatan, dan layanan yang ada pada Perpustakaan Erasmus Huis
Jakarta. Harapannya dengan melakukan promosi, dapat menarik minat pemustaka untuk
mengunjungi Perpustakaan Erasmus Huis Jakarta.
This study discussed Instagram social media at Erasmus Huis Jakarta Library, which is
used as promotional media for library. This research aims to explore promotion of the
Erasmus Huis Jakarta Library on Instagram. The purpose of this study is to find out how
the use of @erasmushuis_jakarta Instagram account as promotional media from
Erasmus Huis Jakarta Library. This study uses qualitative method. Data were collected
using semi-structured interviews, observation and documentation study. Informant was
selected using purposive sampling. Informant in this study is the librarian of Erasmus
Huis Jakarta Library. The data analysis method used were data reduction, data
presentation, conclusion drawing or verification. The results of this study showed that
the promotion by Erasmus Huis Jakarta Library was done with several things, uploading
content into Instagram feed, using Instagram story feature, and using IGTV feature. The
implementation of promotion by @erasmushuis_jakarta include advertising activities,
special events and experiences, direct and digital marketing, also public relations and
publicity. The purpose of promoting the library through Instagram is to provide a
thorough overview about the profile, activities, and services at the Erasmus Huis Jakarta
Library. Hopefully, by doing library promotion, it can attract the visitors to visit and
enjoy the Erasmus Huis Jakarta Library.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Library Science
Depositing User: Mr UPT Perpus Undip
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:23
Last Modified: 15 Aug 2022 03:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7745

Actions (login required)

View Item View Item