Search for collections on Undip Repository

MOTIVASI KNOWLEDGE SHARING @KLUBBUKUNARASI DALAM UPAYA PROMOSI GERAKAN MEMBACA BUKU MELALUI INSTAGRAM

Arviansyah, Muhammad and Ganggi, Roro Isyawati Permata (2021) MOTIVASI KNOWLEDGE SHARING @KLUBBUKUNARASI DALAM UPAYA PROMOSI GERAKAN MEMBACA BUKU MELALUI INSTAGRAM. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
new Skripsi Full Draft Muhammad Arviansyah.pdf
Restricted to Repository staff only until 2025.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi motivasi knowledge sharing
@klubbbukunarasi dalam upaya promosi gerakan membaca buku di Instagram.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi.
Pengambilan data dilakukan dengan tiga metode yaitu, wawancara semi
terstruktur, observasi partisipatif pasif, dan studi dokumentasi. Informan dalam
penelitian ini adalah executive producer Narasi tv yang merupakan founder dari
akun Instagram @klubbukunarasi. Observasi partisipatif aktif dilakukan dengan
cara ikut menjadi followers akun Instagram @klubbukunarasi sehingga peneliti
dapat mengamati interaksi yang terjadi antara @klubbukunarasi dengan para
pengikutnya. Studi dokumentasi digunakan untuk melengkapi data-data hasil
observasi dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan yaitu, reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa faktor yang memotivasi @klubbukunarasi untuk melakukan promosi
gerakan membaca yaitu karena didorong oleh faktor intern dan ekstern. Faktor
intern yang mempengaruhi yaitu berupa keinginan untuk mendapat pengakuan
bahwa akun Instagram @klubbukunarasi dapat berhasil mengedukasi gerakan
membaca buku, sedangkan faktor ekstern yang mempengaruhi yaitu peran
lingkungan kerja yang sangat mendukung dan pengaruh supervisi yang baik.
Motivasi yang mendasari akun Instagram @klubbukunarasi untuk melakukan
knowledge sharing gerakan membaca di Instagram disebabkan oleh tiga faktor
yaitu faktor organisasi berupa budaya organisasi, faktor individu berupa
ekspektasi individu dan sikap individu, dan faktor teknologi berupa aplikasi IT.
This study aims to explore the motivation for knowledge sharing
@klubbbukunarasi to promote the book reading movement on Instagram. This
study uses a qualitative method with a phenomenological approach. Data were
collected using three methods, namely, semi-structured interviews, passive
participatory observation, and documentation study. The informant in this study is
executive producer Narasi TV, who is the founder of the Instagram account
@klubbukunarasi. Active participatory observation is carried out by becoming
followers of the @klubbukunarasi Instagram account so that researchers can
observe the interactions that occur between @klubbukunarasi and their followers.
Documentation studies are used to complement the data from observations and
interviews. The data analysis methods used were data reduction, data
presentation, and conclusion drawing. The results showed that the factor that
motivates @klubbukunarasi to promote the reading movement is because it is
driven by internal and external factors. Internal factors that influence are the
desire to get recognition that the @klubbukunarasi Instagram account can
successfully educate the book reading movement, while the external factors that
influence are the role of a very supportive work environment and the effect of
good supervision. The motivation that underlies the @klubbukunarasi Instagram
account to share knowledge of the reading movement on Instagram is caused by
three factors, namely organizational factors in the form of organizational culture,
individual factors in the form of individual expectations and individual attitudes,
and technological factors in the form of IT applications.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Library Science
Depositing User: Mr UPT Perpus Undip
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:20
Last Modified: 15 Aug 2022 03:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7732

Actions (login required)

View Item View Item