Search for collections on Undip Repository

STRATEGI BRANDING PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS INDONESIA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN CITRA PERPUSTAKAAN DI GENERASI MILENIAL

Risdiyanto, Pandu and Ganggi, Roro Isyawati Permata (2021) STRATEGI BRANDING PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS INDONESIA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN CITRA PERPUSTAKAAN DI GENERASI MILENIAL. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Final Draft Skripsi_Pandu Risdiyanto_Ilmu Perpustakaan.pdf
Restricted to Repository staff only until 2025.

Download (9MB)

Abstract

Masyarakat masih menganggap perpustakaan hanya sebagai gedung penyimpan
buku yang kuno. Masalah tentang citra perpustakaan ini mendasari peneliti untuk
membuat penelitian terkait strategi branding perpustakaan. Penelitian ini bertujuan
untuk memahami strategi branding Perpustakaan Universitas Indonesia melalui
media sosial Instagram sebagai upaya pembentukan citra perpustakaan pada
generasi milenial. Metode yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dengan
pendekatan studi kasus. Proses pengambilan data dilakukan dengan tiga cara yaitu
wawancara semi terstruktur, observasi dan studi dokumen. Pihak yang menjadi
informan adalah Humas Perpustakaan Universitas Indonesia sebagai pengelola
Instagram dan dua followers akun Instagram @ui_library sebagai target branding.
Peneliti menggunakan thematic analytics sebagai alat untuk menganalisa data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perpustakaan Universitas Indonesia telah
menjalankan strategi branding di Instagram untuk mencapai tujuan pembentukan
citra perpustakaan. Perpustakaan Universitas Indonesia memanfaatkan semua fitur
di Instagram untuk mem-branding citra yang lebih optimal. Terdapat tiga
komponen strategi branding yang telah dijalankan oleh Perpustakaan Universitas
Indonesia, yaitu tujuan, fleksibilitas, dan keikutsertaan staf. Adanya hambatan
berupa kurangnya sumber daya manusia dan kurangnya koordinasi antarpegawai
menyebabkan satu komponen strategi branding belum berjalan dengan baik, yaitu
konsistensi dalam desain feed postingan Instagram. Strategi branding Perpustakaan
Universitas Indonesia di Instagram ditangkap dengan baik oleh followers milenial.
Informan dari followers mengungkapkan persepsi bahwa Perpustakaan Universitas
Indonesia memiliki citra perpustakaan yang baik, menarik, dan interaktif dengan
followers. Perpustakaan Universitas Indonesia menjalankan dua poin tentang
strategi pembentukan citra di media sosial. Dua poin tersebut yaitu be interesting
dan be engaging.
The society still thinking to library as a storehouse of ancient books. The issues of
library image motivated researches to make a research about library branding
strategies. This study aims to understand branding strategy of Indonesia University
Library through Instagram as an effort to build library image in the millennial. The
study uses a qualitative method with case study approach. Data were collected
using three ways, namely semi-structured interviews, observation and document
studies. Informants in this study is a Public Relation of Indonesia University
Library as Instagram manager and two followers of the account @ui_library as
branding targets. Researches use thematic analytics as a tool to analyze data. The
results show that Indonesia University Library has implemented a branding
strategy on Instagram to achieve a goal of building a library image. There are three
components of the branding strategy that have been carried out by Indonesia
University Library, namely goal, flexibility, and staff participation. There are
obstacles in the form lack of human resources and lack of coordination between
employees causes inconsistency in Instagram post feed design. The Indonesia
University Library’s branding strategy on Instagram is well captured by millennial
followers. Followers expressed the opinion that Indonesia University Library
Image is a good, interesting, and interactive with followers. This opinion shows
that Indonesia University Library carries out two points about image building
strategy on social media, namely be interesting and be kind.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Library Science
Depositing User: Mr UPT Perpus Undip
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:26
Last Modified: 15 Aug 2022 03:26
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7728

Actions (login required)

View Item View Item