Search for collections on Undip Repository

PENERAPAN BIBLIOTERAPI DALAM PEMBENTUKAN SELERA BACA SISWA PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL RINGANDI BALAI BESAR REHABILITASI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL (BBRSPDI) “KARTINI” TEMANGGUNG

Kurniamita, Dyah Arum and Christiani, Lydia (2020) PENERAPAN BIBLIOTERAPI DALAM PEMBENTUKAN SELERA BACA SISWA PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL RINGANDI BALAI BESAR REHABILITASI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL (BBRSPDI) “KARTINI” TEMANGGUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Skripsi_DyahArumKurniamita_13040116140052.pdf
Restricted to Repository staff only until 2025.

Download (1MB)

Abstract

This study discusses about the application of bibliotherapy towards students with mild intellectual
disability as a means to improve their reading taste. This study aims to determine how the
bibliotherapy method can be used to form the reading taste of students with mild intellectual
disability at BBRSPDI "Kartini" Temanggung. This study can be used to provide a overview of the
reading taste on students with mild intellectual disabilities especially at BBRSPDI “Kartini”
Temanggung. The method used in this research is qualitative with an action research approach.
The results of the study illustrate that the application of bibliotherapy is the appropriate method to
teach students with mild intellectual disability a skill, habituation of favorable things, and provide
them indirect motivation through reading materials. The application of bibliotherapy in forming
the reading taste of students with mild intellectual disability is through several stages: planning,
implementing, observing and reflecting as a follow-up strategy. This bibliotherapy application
provides detailed and in-depth results to determine the needs and preferences of students with mild
intellectual disability towards reading materials. Therefore, the application of bibliotherapy can
be used as a benchmark method for collection procurement at the BBRSPDI "Kartini"
Temanggung Library in order to provide reading material needs that are suitable for the reading
tastes of students with intellectual disability.
Penelitian ini membahas penerapan biblioterapi pada siswa penyandang disabilitas intelektual
ringan sebagai upaya pembentukan selera baca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana metode biblioterapi dapat dimanfaatkan untuk membentuk selera baca siswa
penyandang disabilitas intelektual ringan di BBRSPDI “Kartini” Temanggung. Manfaat dari
penelitian ini yaitu memberikan gambaran selera baca pada individu penyandang disabilitas
intelektual ringan khususnya di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual
(BBRSPDI)“Kartini” Temanggung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif
dengan pendekatan action research (penelitian tindakan). Hasil dari penelitian memberikan
gambaran bahwa penerapan biblioterapi ini menjadi metode yang tepat untuk mengajarkan siswa
penyandang disabilitas intelektual ringan suatu keterampilan, pembiasaan hal yang baik, dan
pemberian motivasi secara tidak langsung melalui bahan bacaan. Penerapan biblioterapi dalam
pembentukan selera baca siswa penyandang disabilitas intelektual ringan ini melalui beberapa
tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi sebagai strategi tindak lanjut.
Penerapan biblioterapi ini memberikan hasil yang rinci dan mendalam untuk mengetahui
kebutuhan dan kesukaan siswa penyandang disabilitas intelektual ringan terhadap bahan bacaan.
Oleh karena itu, penerapan biblioterapi ini dapat dijadikan metode tolok ukur pengadaan koleksi di
Perpustakaan BBRSPDI "Kartini" Temanggung agar dapat memberikan kebutuhan bahan bacaan
yang cocok sesuai dengan selera baca siswa penyandang disabilitas intelektual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Library Science
Depositing User: UPT Perpus4 Undip
Date Deposited: 04 Jan 2024 07:51
Last Modified: 04 Jan 2024 07:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7665

Actions (login required)

View Item View Item