SUPRIANINGRUM, ELVY and Heriyanto, Heriyanto (2020) PERAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOAL 4. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Full text not available from this repository.Abstract
Sustainable Development Goal menjadi salah satu target capaian perguruan tinggi
dalam menjalankan Tri Dharmanya. Sustainable Development Goals memiliki 17
tujuan dan 169 capaian. Salah satu tujuannya adalah pendidikan yang bermutu, ini
merupakan tujuan ke 4. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran
perpustakaan perguruan tinggi dalam mendukung implementasi Sustainable
Development Goal 4. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif
dengan menggunakan wawancara semi-terstruktur untuk mengumpulkan data. Data
yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Thematic Analysis. Hasil
analisis menunjukkan dua tema, yaitu Program dan Kendala. Program merupakan
tema yang menjelaskan peran yang perpustakaan lakukan untuk mendukung
implementasi Sustainable Development Goal 4. Tema ini menceritakan tentang
penyediaan akses informasi kepada pemustaka, program kerja sama perpustakaan
dengan pihak-pihak lain yang juga turut andil dalam mendukung implementasi
Sustainable Development Goal 4, serta program pelatihan untuk mengembangkan
sumber daya manusia. Tema kedua yaitu Kendala, tema ini muncul karena adanya
tema pertama yaitu program. Tema Kendala menjelaskan tentang kegiatan atau
kebijakan yang ada di perpustakaan yang dapat menghambat perpustakaan dalam
memberikan dukungan dalam implementasi Sustainable Development Goal 4.
Penelitian ini bermanfaat dalam memberikan pengetahuan baru bahwa
perpustakaan berperan dalam mendukung implementasi Sustainable Development
Goal 4.
The Sustainable Development Goal is one of college’s goals in implementing the
Tri Dharma. The Sustainable Development Goal has 17 goals and 169 targets. One
of its targets is Quality Education which is the fourth target. This research is
purposed to identify the role of Academic libraries in supporting the
implementation of Sustainable Development Goal 4. The research method used is
qualitative method using semi-structured interviews to collect data. The collected
data then being analyzed using Thematic Analysis. The results from the analysis
show that there are two themes, which are Programs and Obstacles. The Programs
is a theme that explains role the libraries to support the implementation of
Sustainable Development Goal 4. It explains the providing access to information
for users, the library cooperation programs with other parties who also take part
in supporting the implementation of Sustainable Development Goal 4, and the
training programs to develop human resources. The second theme is The Obstacles
which arises because of the previous theme. The Obstacles explains the activities
or the policies in libraries which can hamper the libraries to support the
implementation of Sustainable Development Goal 4. This research is useful in
providing recent knowledge that libraries play a role in supporting the
implementation of Sustainable Development Goal 4
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Humanities |
Divisions: | Faculty of Humanities > Department of Library Science |
Depositing User: | Users 197 not found. |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 07:01 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 07:01 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7646 |
Actions (login required)
View Item |