Search for collections on Undip Repository

PENYELESAIAN KASUS PEMESANAN FIKTIF YANG DILAKUKAN PENGGUNA LAYANAN APLIKASI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI PADA TRANSPORTASI ONLINE. - 088 DG 2022

Kristianto, Kristianto and Njatrijani, Rinitami and Suradi, Suradi (2022) PENYELESAIAN KASUS PEMESANAN FIKTIF YANG DILAKUKAN PENGGUNA LAYANAN APLIKASI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI PADA TRANSPORTASI ONLINE. - 088 DG 2022. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Transportasi online hadir sebagai sebuah terobosan baru sebagai modal transportasi berbasis teknologi informasi, perkembangan transportasi online sendiri tentunya tidak terhindarkan dari permasalahan yang menghadang, salah satunya adalah pemesanan fiktif. Pemesanan fiktif terjadi apabila pengguna layanan telah melakukan pemesanan terhadap layanan pembelian dan pengantaran barang tetapi
setelah pemesanan dilakukan pengguna layanan tidak melakukan pembayaran seperti seharusnya. Wanprestasi ini tentunya memunculkan kerugian terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam transportasi online sendiri, khususnya pelaku usaha serta pengemudi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peraturan yang mengatur tentang pemesanan fiktif serta mengetahui tindakan apa saja yang dapat dilakukan untuk mendapatkan solusi baik melalui pengadilan maupun di luar
pengadilan.Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis-empiris, yaitu analisis terhadap data primer yang didapatkan di lapangan menggunakan data sekunder.Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis, di mana obyek
penelitian dianalisis dengan memaparkan situasi dan keadaan. Sampel yang digunakan ditentukan melalui teknik purposive sampling dan accidental sampling, karena pada penelitian ini terdapat dua jenis sampel. Sampel yang digunakan pada
penelitian ini dikumpulkan dengan studi kepustakaan dan wawancara. Data dianalisis secara yuridis kualitatif, yaitu menggunakan interpretasi bahan-bahan hukum dan data sekunder lainnya lalu dihubungkan terhadap isu hukum yang akan dibahas. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pemesanan fiktif secara hukum dapat dipandang sebagai sebuah wanprestasi, bukan Perbuatan Melawan Hukum,
karena pada wanprestasi terdapat perjanjian yang dilanggar sehingga memunculkan kerugian. Solusi yang dapat diambil sebagai jalan keluar dari pemesanan fiktif ini adalah melalui alternative resolution dispute (ADR), salah satunya adalah mediasi yang menawarkan banyak kemudahan dan keleluasaan bagi para pihak untuk menyelesaikan sengketa. Tetapi di sisi lain, data yang ditemukan di lapangan menyatakan lain, para pelaku usaha ternyata lebih memilih ganti rugi sebagai solusi
yang paling preferable, dari keempat perusahaan transportasi online semua menyatakan bahwa ganti rugi inilah yang menjadi solusi terbaik jika pengguna layanan memang tidak dapat dihubungi.
Kata Kunci: Transportasi online; pemesanan fiktif; wanprestasi; ganti rugi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: fahimah FH
Date Deposited: 12 Aug 2022 06:08
Last Modified: 12 Aug 2022 06:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7601

Actions (login required)

View Item View Item