Maulida, Elisa and Irhandayaningsih, Ana (2020) PERSEPSI PENGUNJUNG TERHADAP KELANA KOPI SEBAGAI KEDAI KOPI LITERASI DI KOTA TEGAL. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Full text not available from this repository.Abstract
This thesis discusses the Perception of Visitors on Wandering Coffee as a Literacy
Coffee Shop in Tegal City. The perception of visitors who take advantage of literacy
activities at the Kelana Kopi shop is important to study because it can provide an
overview of positive activities by providing books and discussions at the Kelana Kopi
shop. It is hoped that this positive activity will become more existing so that many other
visitors are interested in using it. The purpose of this study is to find out how the
visitor's perception of the Kelana Kopi shop as a literacy coffee shop in Tegal City.
This study uses a qualitative method with a phenomenological approach. The
informants used were visitors to the Kelana Kopi shop who had used the books and
discussions provided by the shop owner, because the informants who had used the
facilities at the Kelana Kopi shop had gone through the process of forming perceptions
of the phenomenon of the coffee shop with this literacy concept. There are three
informants in this study who were recruited using purposive sampling technique. The
data collection techniques used in this study were semi-structured observation and
interviews. This research resulted in three major themes regarding the Kelana Kopi
shop as a literacy coffee shop, including visitors 'perceptions of book supply, visitors'
perceptions of book chat activities, and the last one, visitor perceptions of poetry coffee
activities.
Skripsi ini mengulas tentang Persepsi Pengunjung terhadap Kelana Kopi sebagai Kedai
Kopi Literasi Di Kota Tegal. Persepsi pengunjung yang memanfaatkan kegiatan literasi
di kedai Kelana Kopi penting untuk diteliti karena dapat memberikan gambaran
mengenai kegiatan positif dengan menyediakan buku dan diskusi di kedai Kelana Kopi,
diharapkan kegiatan positif ini menjadi lebih eksis sehingga banyak pengunjung lain
yang berminat untuk memanfaatkannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui
bagaimana persepsi pengunjung terhadap kedai Kelana Kopi sebagai kedai kopi literasi
di Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
fenomenologi. Informan yang digunakan yaitu pengunjung kedai Kelana Kopi yang
pernah memanfaatkan buku dan diskusi yang disediakan oleh pemilik kedai,
dikarenakan informan yang pernah memanfaatkan fasilitas di kedai Kelana Kopi telah
melalui proses pembentukan persepsi terhadap fenomena adanya kedai kopi dengan
konsep literasi tersebut. Terdapat tiga informan dalam penelitian ini yang direkrut
menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu observasi dan wawancara semi terstruktur. Penelitian ini
menghasilkan tiga tema besar mengenai kedai Kelana Kopi sebagai kedai kopi literasi,
diantaranya yaitu persepsi pengunjung terhadap penyediaan buku, persepsi pengunjung
terhadap kegiatan ngobrol buku, dan yang terakhir yaitu persepsi pengunjung terhadap
kegiatan ngopi sajak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Humanities |
Divisions: | Faculty of Humanities > Department of Library Science |
Depositing User: | Users 198 not found. |
Date Deposited: | 11 Aug 2022 09:14 |
Last Modified: | 15 Nov 2022 11:57 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7563 |
Actions (login required)
View Item |