Search for collections on Undip Repository

EFEKTIVITAS BROSUR SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN PEMAKAI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG PERPUSTAKAAN DI SMA NEGERI 3 SEMARANG

Nafiah, Siti and Jumino, jumino (2019) EFEKTIVITAS BROSUR SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN PEMAKAI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG PERPUSTAKAAN DI SMA NEGERI 3 SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
SKRIPSI SITI NAFIAH_13040115120029.pdf
Restricted to Repository staff only until 2025.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektivitas brosur sebagai media pendidikan
pemakai untuk meningkatkan pengetahuan tentang perpustakaan di SMA Negeri 3
Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat
efektivitas brosur sebagai media pendidikan pemakai untuk meningkatkan
pengetahuan tentang perpustakaan di SMA Negeri 3 Semarang. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan
sampel sebanyak 84 responden yang diperoleh dengan menggunakan metode
purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis
deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan brosur
sebagai media pendidikan pemakai di Perpustakaan SMA Negeri 3 Semarang
merupakan media yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan tentang
perpustakaan dengan presentase sebesar 84,4%. Uji hipotesis dilakukan dengan
menganalisis hasil koefisien korelasi Pearson Product-Moment antara variabel
brosur dengan variabel pengetahuan. Hasil yang didapatkan nilai signifikansi
sebesar 0,000 dengan tingkat hubungan positif yang sangat kuat sebesar 0,757.
Kriteria penolakan H0 adalah jika nilai signifikan α < 0,05, sehingga Ha diterima
dan H0 ditolak karena diperoleh nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05. Maka
dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima yaitu brosur
sebagai media pendidikan pemakai untuk meningkatkan pengetahuan tentang
perpustakaan efektif digunakan bagi pemustaka di SMA Negeri 3 Semarang.
This thesis discusses the effectiveness of the brochure as a user education medium
to increase knowledge about libraries in SMA Negeri 3 Semarang. This study
aims to determine the extent of effectiveness of the brochure as a user education
medium to increase knowledge about libraries in SMA Negeri 3 Semarang. The
method used in this research is descriptive quantitative by using a sample of 84
respondents obtained using the purposive sampling method. Data analysis in this
study used descriptive analysis. The results of this study indicate that the use of
brochures as a medium for user education in Semarang 3 Public High School
Library is an effective medium for increasing knowledge about libraries with a
percentage of 84.4%. Hypothesis testing is done by analyzing the results of the
Pearson Product-Moment correlation coefficient between the brochure variable
with the knowledge variable. The results obtained a significance value of 0,000
with a very strong positive relationship level of 0.757. The rejection criterion for
H0 is if a significant value α <0.05, so Ha is accepted and H0 is rejected because a
significance value of less than 0.05 is obtained. So it can be concluded that the
hypothesis in this study is accepted, namely the brochure as a user education
media to increase knowledge about the library effectively used for users in SMA
Negeri 3 Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Library Science
Depositing User: UPT Perpus2 Undip
Date Deposited: 11 Aug 2022 04:58
Last Modified: 11 Aug 2022 04:58
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7530

Actions (login required)

View Item View Item