Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara beban kerja dengan psychological well-being guru MTs di Brebes pada masa covid-19

Ihsan, Muhammad Maftuh and Widodo, Prasetyo Budi (2022) Hubungan antara beban kerja dengan psychological well-being guru MTs di Brebes pada masa covid-19. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
13. Muhammad Maftuh Ihsan_15000118130107_Abstrak Skripsi.pdf

Download (71kB)

Abstract

Adanya pandemi covid-19 telah berdampak ke berbagai sektor, salah satunya pendidikan dengan yang mengalami langsung adalah guru diantaranya pada jenjang madrasah tsanawiyah (MTs). Perubahan pola kerja work from home dan peningkatan beban kerja akibat pandemi membuat guru harus bekerja dengan lebih ekstra terlebih dengan kegiatan di luar pekerjaan yang tetap harus dilakukan. Kondisi ini membuat guru harus tetap memiliki psychological well-being agar tetap bekerja dengan profesional dan optimal terutama setelah datangnya pandemi. Studi ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji korelasi antara beban kerja dengan psychological well-being guru pada masa covid-19. Populasi studi ini berjumlah 1802 orang yang dilakukan sampel menjadi 187 orang dengan menggunakan area random sampling. Data dikumpulkan menggunakan Skala psychological well-being (57 aitem, α = 0,967) dan Skala Beban Kerja (21 aitem, α = 0,871). Hasil analisis non-parametrik Spearman Rho menunjukkan nilai koefisien rxy = -0,688 dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05), yang menujukkan gambaran bahwa terdapat korelasi negatif signifikan antara beban kerja dengan psychological well-being. Hal tersebut memperlihatkan bahwa makin tinggi beban kerja, maka akan makin tinggi juga psychological well-being.

Kata kunci: beban kerja; psychological well-being; guru; covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 11 Aug 2022 05:35
Last Modified: 11 Aug 2022 05:35
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7489

Actions (login required)

View Item View Item