Search for collections on Undip Repository

ANALISA YURIDIS ATAS PERLINDUNGAN BAGI KONSUMEN PENGGUNA JASA TITIP UNTUK BELANJA ONLINE. -050 DG 2022

Marito Sihombing, Netty and Prananingtyas, Paramita and Njatrijani, Rinitami (2022) ANALISA YURIDIS ATAS PERLINDUNGAN BAGI KONSUMEN PENGGUNA JASA TITIP UNTUK BELANJA ONLINE. -050 DG 2022. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
ANALISA YURIDIS ATAS PERLINDUNGAN BAGI KONSUMEN
PENGGUNA JASA TITIP UNTUK BELANJA ONLINE
Jasa titip online atau jastip online merupakan layanan titipan pembelian barang dengan menggunakan media sosial sebagai wadah untuk memasarkan produknya. Pemasaran produk jastip online menggunakan media sosial yang dimiliki oleh pelaku usaha. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui bentuk perlindungan yang diberikan Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terhadap penyelenggaraan jastip online dan menganalisis
bentuk perlindungan yang diberikan jika terdapat cacat atau rusak barang yang diterima oleh konsumen jastip online.
Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis persoalan yang terjadi adalah yuridis normatif yaitu meneliti bahan pustaka atau data sekunder seperti undang-undang, hasil penelitian, hasil karya dari kalangan hukum dengan
menggunakan pendekatan perundang-undangan (statute approach), pendekatan kasus (case approach), pendekatan konsep (conceptual approach). Hasil penelitian di lapangan diketahui bahwa proses penyelenggaraan
jastip online menimbulkan hubungan hukum antara pelaku usaha dengan konsumen karena terdapat perjanjian yang disepakati oleh pihak yang terkait, yang menimbulkan hak dan kewajiban. Dapat ditarik kesimpulan bahwa Undang�Undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen belum cukup untuk mengakomodasi proses jastip online dikarenakan legalitas tidak jelas, selanjutnya ketiadaan peraturan yang dapat mengakomodasi ketika terjadi permasalahan berupa cacat barang, maka hal tersebut dianggap merupakan suatu perbuatan lalai atau wanprestasi, sehingga dalam penyelesaian permasalahan konsumen jastip online dapat melalui 2 jalur yakni yakni melalui jalur diluar peradilan (non litigasi) dan jalur peradilan (litigasi) agar dapat mendapatkan ganti kerugian atas
apa yang telah dialami.
Kata Kunci: Jastip, Perlindungan Konsumen, Wanprestas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: fahimah FH
Date Deposited: 02 Aug 2022 05:43
Last Modified: 02 Aug 2022 05:43
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7428

Actions (login required)

View Item View Item