MUHAMMAD ADHIWIJAYA, MUHAMMAD ADHIWIJAYA and Budi Santoso, Budi Santoso and Rinitami Njatrijani, Rinitami Njatrijani (2022) PENGGUNAAN KATA UMUM PADA MEREK TERDAFTAR DI INDONESIA (STUDI KASUS: MEREK PASTA GIGI FORMULA STRONG) - 051 DG 2022. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Penamaan pada suatu merek sangatlah berpengaruh pada identitas produk
yang ditawarkan kepada konsumen. Namun dalam Pasal 20 huruf f Undang-undang
Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis melarang penggunaan
kata umum untuk dijadikan nama pada merek terdaftar di Indonesia. Salah satu
merek yang menggunakan kata umum pada mereknya adalah merek Pasta Gigi
Formula Strong milik Hardwood Private Limited. Penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui apakah penggunaan kata umum dapat digunakan sebagai merek
terdaftar di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis
normatif yang didukung dengan hasil wawancara serta diolah menggunakan
analisis kualitatif.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kata umum tetap dapat
digunakan sebagai merek terdaftar di Indonesia dengan ketentuan seperti kata
umum yang digunakan merupakan gabungan kata dan kata umum yang
diperbolehkan berdasarkan ketentuan Spectrum of Distinctiveness serta Secondary
meaning.
Kata Kunci: Kata umum, Spectrum of Distinctiveness, Secondary meaning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Law |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law |
Depositing User: | fahimah FH |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 05:32 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 05:32 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7427 |
Actions (login required)
View Item |