Ferrel, Jeremy and Rusmawati, Diana (2022) HUBUNGAN ANTARA PEER ATTACHMENT DENGAN EFIKASI DIRI AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK SMP PIUS TEGAL. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
Repository_Abstrak & Bab I_Jeremy Ferrel.pdf Download (111kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menguji hubungan antara peer attachment dengan efikasi diri akademik. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMP Pius Tegal sebanyak 157 orang, dengan sampel 126 orang yang diambil melalui teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini yaitu Skala peer attachment (46 aitem, α = 0,947) dan Skala efikasi diri akademik (31 aitem, α=0,909). Uji hipotesis yang dilakukan menggunakan Analisis Korelasi Regresi Sederhana dan mendapatkan hasil adanya hubungan positif yang signifikan antara peer attachment dengan efikasi diri akademik pada siswa SMP Pius Tegal dengan koefisien korelasi sebesar rxy = 0,323 (p < 0,05). Dengan demikian, dapat diketahui bahwa semakin tinggi peer attachment, semakin tinggi pula efikasi diri akademik yang dimiliki, begitu pun sebaliknya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 03:54 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 03:54 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7398 |
Actions (login required)
View Item |