Search for collections on Undip Repository

PANDANGAN LEMBAGA PERADILAN TERHADAP IKTIKAD BAIK DAN IKTIKAD TIDAK BAIK DALAM PENDAFTARAN MEREK(Studi Kasus Putusan Nomor 14/Pdt.SusMerek/2020/PN/Niaga.Jkt.Pst berkaitan dengan merek KAWASAKI). - 069 DG 2022

Nugraha, Annisa Adriani and Santoso, Budi and Rahmanda, Bagus (2022) PANDANGAN LEMBAGA PERADILAN TERHADAP IKTIKAD BAIK DAN IKTIKAD TIDAK BAIK DALAM PENDAFTARAN MEREK(Studi Kasus Putusan Nomor 14/Pdt.SusMerek/2020/PN/Niaga.Jkt.Pst berkaitan dengan merek KAWASAKI). - 069 DG 2022. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Hak merek merupakan salah satu bagian dari Hak Kekayaan Intelektual yang memiliki pengaruh penting dalam dunia perdagangan. Merek digunakan sebagai identitas suatu perusahaan atau pemilik usaha dan digunakan sebagai daya pembeda yang digunakan dalam kegiatan perdagangan barang dan/ atau jasa. Merek yang yang telah didaftarkan mengandung hak eksklusif pada pemiliknya, yaitu pemilik merek dapat memanfaatkan haknya untuk melindungi mereknya dan melarang siapa saja yang tanpa izin dan sepengetahuan pemilik merek untuk menggunakan mereknya. Sebegitu pentingnya merek sehingga banyak pihak yang beriktikad tidak baik yang secara sengaja mendompleng, meniru atau menjiplak merek yang telah didaftarkan terlebih dahulu sehingga dapat menimbulkan kondisi adanya persaingan usaha tidak sehat. Metode pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini merupakan metode pendekatan yuridis normatif. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari bahan hukum primer, sekunder, dan juga tersier. Selanjutnya data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perbuatan iktikad tidak baik dalam pendaftaran merek masih menjadi masalah yang banyak dihadapi oleh pemilik merek terdaftar. Pendaftaran merek dengan iktikad tidak baik banyak terjadi pada merek terkenal yang telah memiliki reputasi yang baik di masyarakat. Pihak yang tidak bertanggungjawab secara sengaja membonceng reputasi keterkenalan suatu merek ataupun meniru suatu merek hingga memiliki persamaan pada pokoknya dan hal tersebut sangat merugikan masyarakat selaku konsumen. Pihak yang dirugikan dapat mengajukan upaya hukum melalui Gugatan Pembatalan Merek maupun
Gugatan Ganti Rugi.
Kata Kunci : Merek, Iktikad Baik, Iktikad Tidak Bai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: fahimah FH
Date Deposited: 13 Jul 2022 02:50
Last Modified: 14 Sep 2022 06:21
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7281

Actions (login required)

View Item View Item