Search for collections on Undip Repository

Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Kecenderungan Kecanduan Game Online Pada Komunitas Esport Undip

Hardinantyo, Rafinadi Nur and Indrawati, Endang Sri (2022) Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Kecenderungan Kecanduan Game Online Pada Komunitas Esport Undip. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (184kB)

Abstract

Kecenderungan Kecanduan Game Online adalah perilaku terus menerus dari individu yang ingin bermain game online dan individu tidak mampu mengontrol atau mengendalikannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan Kecenderungan Kecanduan Game Online pada Komunitas Esport UNDIP. Populasi penelitian ini adalah anggota Komunitas Esport UNDIP yang berjumlah 420 orang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 191 orang yang pilih dengan menggunakan teknik convenience Sampling. Terdapat dua instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala motivasi belajar yang terdiri dari 46 aitem valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,963 dan skala Kecenderungan Kecanduan Game Online yang terdiri dari 55 aitem valid dengan reliabilitas sebesar 0,984. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi sederhana. Hasil analisis data dapat menunjukkan koefisien korelasi sebesar = -0,380 dengan p = 0,000. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara motivasi belajar dengan Kecenderungan Kecanduan Game Online pada Komunitas Esport UNDIP.

Kata Kunci: Motivasi belajar, Kecenderungan Kecanduan Game Online, Komunitas game online

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:06
Last Modified: 18 Jan 2024 03:06
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7076

Actions (login required)

View Item View Item