Salsabilla, Meifa Salma and Nurrahima, Artika (2022) Gambaran Kesiapan Bersekolah Anak di Coprayan Kabupaten Pekalongan. Undergraduate thesis, Diponegoro University.
Text
Skripsi Meifa Salma Salsabilla_ 22020118130085.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Cover, Lembar Persetujuan, dan Lembar Pengesahan_Meifa Salma Salsabilla.pdf Download (103kB) |
|
Text
ABSTRACT_Meifa Salma Salsabilla_22020118130085.docx Download (14kB) |
Abstract
Kesiapan bersekolah anak merupakan hal terpenting bagi anak untuk melewati masa transisi dari TK menuju pendidikan Sekolah Dasar (SD). Anak usia prasekolah memerlukan stimulasi yang tepat, sehingga dapat mengembangkan pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh. Kesiapan bersekolah akan memberikan manfaat serta kemajuan dalam perkembangan anak lebih lanjut. Kesiapan bersekolah tidak hanya dilihat dari aspek usia saja, namun dilihat dari beberapa aspek perkembangan anak diantaranya perkembangan fisik/motorik, sosial, emosional, bahasa, kognitif, serta keterlibatan anak dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan kesiapan bersekolah pada anak TK di Desa Coprayan Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif dengan pendekatan deskriptif survei. Responden penelitian sebanyak 105 anak usia prasekolah dengan menggunakan total sampling dari seluruh anak TK di Desa Coprayan. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuisioner Kesiapan Bersekolah yang diadaptasi dari Early Development Instrument (EDI) dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa sebagian aspek kesiapan bersekolah anak sudah bagus, namun pada aspek sosial masih perlu ditingkatkan. Secara keseluruhan sebanyak 4 responden (4%) memiliki kesiapan bersekolah “rendah”, 24 responden (23%) memiliki kesiapan bersekolah “sedang”, dan 77 responden (73%) memiliki kesiapan bersekolah “tinggi”. Berdasarkan hasil tersebut diharapkan orangtua dan pihak sekolah terus memberikan stimulasi yang seimbang dari berbagai aspek perkembangan anak, seperti fisik, sosial emosional, bahasa, kognitif, serta keterlibatan dalam pembelajaran, agar anak lebih siap ketika memasuki Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine > Department of Nursing |
Depositing User: | Nisnaeni_ N_ Keperawatan_FK |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 07:48 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 07:48 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/6711 |
Actions (login required)
View Item |