Search for collections on Undip Repository

ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MINAT MASYARAKAT DALAM MEMANFAATKAN LAYANAN PUSKESMAS TANPA ANTRIAN KOTA SEMARANG (PUSTAKA) DI PUSKESMAS KROBOKAN SEMARANG

KHOERUNNISAK, KHOERUNNISAK (2022) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MINAT MASYARAKAT DALAM MEMANFAATKAN LAYANAN PUSKESMAS TANPA ANTRIAN KOTA SEMARANG (PUSTAKA) DI PUSKESMAS KROBOKAN SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO KHOERUNISAK.pdf - Published Version

Download (312kB)

Abstract

Adanya garis tunggu (antrian) yang panjang dan lama di tempat pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan di Puskesmas Krobokan ialah sesuatu hal yang harus segera ditangani karena dapat memiliki dampak pada kurang efektifnya pelayanan kesehatan sehingga dapat membuat pasien tidak nyaman dan berujung pada ketidakpuasan pasien terhadap layanan. Pada saat ini, Puskesmas Krobokan menerapkan Puskesmas Tanpa Antrian Kota Semarang (PUSTAKA) yaitu pelayanan pendaftaran secara online pada pasien rawat jalan melalui SMS, WhatsApp, atau website e-puskesmassemarangkota.go.id yang telah dikembangkan oleh Dinas Kesehatan Kota Semarang. Namun, dalam penggunaan layanan PUSTAKA di Puskesmas Krobokan ini belum dimanfaatkan oleh masyarakat secara optimal. Hal ini diduga masyarakat masih kurang berminat dalam memanfaatkan layanan tersebut, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor apa saja yang berhubungan dengan minat masyarakat dalam memanfaatkan layanan PUSTAKA di Puskesmas Krobokan. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan desain cross-sectional. Kuesioner diberikan kepada 94 responden yang mengetahui adanya layanan PUSTAKA di Puskesmas Krobokan. Hasil data yang diperoleh akan diolah menggunakan metode analisis univariat dan bivariat dengan uji statistik chi-square. Penelitian ini ditemukan bahwa variabel kondisi variabel yang berhubungan yaitu kondisi fasilitasi (p= 0.003), motivasi hedonis (p= 0.000), nilai harga (0.000), dan kebiasaan (p= 0.000). Diharapkan Puskesmas Krobokan Semarang dalam lebih memperluas dan memaksimalkan dalam memberikan informasi mengenai layanan PUSTAKA melalui sosialisasi secara langsung pada pasien di Puskesmas, menjalin kerjasana dengan para kader kesehatan untuk memperluas informasi terkait layanan PUSTAKA, membuat poster atau banner yang dapat diletakkan di Puskesmas, serta membuat konten untuk diunggah pada sosial media Puskesmas Krobokan.

Kata Kunci : Minat Perilaku, Puskesmas Tanpa Antrian Kota Semarang (PUSTAKA), Puskesmas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 22 Jun 2022 08:49
Last Modified: 22 Jun 2022 08:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/6650

Actions (login required)

View Item View Item