Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN VAKSIN BOOSTER DENGAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DI KOTA SEMARANG

NURAINI, DYAH AYU (2022) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN VAKSIN BOOSTER DENGAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO DYAH AYU.pdf - Published Version

Download (489kB)

Abstract

Awal tahun 2022 Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan untuk melakukan Vaksinasi COVID-19 Dosis Lanjutan atau Booster sebagai upaya untuk melindungi masyarakat dari dampak keparahan virus COVID-19. Pelayanan vaksin booster merupakan salah satu pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah sehingga harus memiliki pelayanan yang berkualitas yang nantinya akan berdampak pada tingkat kepuasan masyarakat dalam pemanfaatan kembali pelayanan dan tujuan vaksinasipun nantinya akan tercapai. Menurut data dari Dinas Kesehatan Kota Semarang, angka cakupan vaksinasi booster di Kota Semarang masih dibawah 70% dari standar WHO dan ITAGI untuk mencapai herd immunity. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan vaksin booster dengan kepuasan masyarakat di Kota Semarang dan menggunakan metode penelitian survei deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 132 masyarakat Kota Semarang yang telah melakukan vaksinasi booster di sentra vaksinasi COVID-19 Kota Semarang. Hasil penelitian didapatkan bahwa ada hubungan pada dimensi kualitas pelayanan vaksin booster dengan kepuasan masyarakat di Kota Semarang, dimana pada dimensi tangible memiliki p-value 0.000 , reliability memiliki p-value 0.000, responsiveness memiliki p-value 0.000, assurance memiliki p-value 0.005, dan empathy memiliki p-value 0.027. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah penyedia pelayanan vaksinasi dapat membuat skema atau papan informasi alur pelayanan vaksin dengan jelas, melakukan pemberlakuan sesi pelayanan, petugas kesehatan harus selalu menjaga higienitas, mengajak mahasiswa atau masyarakat untuk membantu pelayanan vaksin dan pengurangan beban kerja petugas kesehatan.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, Vaksin Booster, COVID-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:40
Last Modified: 22 Jun 2022 07:40
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/6646

Actions (login required)

View Item View Item