Search for collections on Undip Repository

SYSTEMATIC REVIEW : HUBUNGAN JENIS KELAMIN TENAGA PENDIDIK DENGAN EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA REMAJA USIA 13-19 TAHUN

VANIA, FLORENTINA KIRANA (2022) SYSTEMATIC REVIEW : HUBUNGAN JENIS KELAMIN TENAGA PENDIDIK DENGAN EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA REMAJA USIA 13-19 TAHUN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO FLORENTINA.pdf - Published Version

Download (494kB)

Abstract

Latar Belakang : Pendidikan kesehatan reproduksi menjadi salah satu upaya preventif menurunkan perilaku seksual berisiko pada remaja. Namun, pelaksanaan pendidikan kesehatan reproduksi masih belum berjalan dengan efektif. Salah satu faktor yang melatarbelakangi adalah jenis kelamin tenaga pendidik.
Tujuan : Studi ini bertujuan menganalisis hubungan jenis kelamin tenaga pendidik dengan efektivitas pendidikan kesehatan reproduksi pada remaja usia 13-19 tahun.
Metode : Systematic review without meta-analysis digunakan pada empat database yaitu Pubmed, Google Scholar, Science Direct, dan Scopus.
Hasil : Terdapat enam artikel terinklusi yang sesuai dengan kriteria inklusi dan menjawab pertanyaan penelitian. Jenis kelamin tenaga pendidik memiliki hubungan dengan efektivitas kesehatan reproduksi pada remaja usia 13-19 tahun. Hubungan tersebut dilatarbelakangi oleh adanya sosial budaya, karakteristik jenis kelamin, dan peran tenaga pendidik sebagai role-model.
Kesimpulan : Systematic review ini membuktikan bahwa jenis kelamin tenaga pendidik memiliki hubungan dengan efektivitas pendidikan kesehatan reproduksi pada remaja usia 13-19 tahun.

Kata Kunci : Jenis Kelamin Tenaga Pendidik, Efektivitas Pendidikan Kesehatan Reproduksi, Remaja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 21 Jun 2022 08:39
Last Modified: 21 Jun 2022 08:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/6614

Actions (login required)

View Item View Item