Search for collections on Undip Repository

PERBEDAAN KEJADIAN STRES PADA GURU TERKAIT BEBAN KERJA MENTAL DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DI MASA PANDEMI

PRANATA, WIDA NURIA (2022) PERBEDAAN KEJADIAN STRES PADA GURU TERKAIT BEBAN KERJA MENTAL DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DI MASA PANDEMI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO WIDA.pdf - Published Version

Download (426kB)

Abstract

Pandemi COVID-19 mengakibatkan perubahan dalam melakukan aktivitas pada berbagai sektor, tidak terkecuali pada sektor pendidikan. Dalam sektor pendidikan, perubahan terjadi pada sistem pembelajarannya, yang mulanya dilakukan secara tatap muka, kemudian berubah menjadi pembelajaran jarak jauh atau biasa disebut dengan sistem pembelajaran dalam jaringan. Dengan penerapan sistem pembelajaran dalam jaringan, beban kerja guru meningkat karena guru dituntut untuk memberikan pengetahuan secara kreatif dengan metode yang berbeda. Beban kerja guru yang meningkat dapat mengakibatkan terjadinya stres kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan stres kerja yang terjadi pada guru di dua sekolah yang berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini berjumlah 80 orang dari dua sekolah, pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Akan tetapi, penelitian ini menggunakan informed consent sehingga bersifat tidak memaksa sampel untuk menjadi responden penelitian, kemudian diperoleh sampel berjumlah 50 orang dari dua sekolah. Analisis data yang digunakan yaitu Uji Mann Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan stres kerja pada guru di SMP X dan SMP Y dengan p-value 0.218 > 0.05.
Kata kunci : Guru, Pandemi COVID-19, Stres Kerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 13 Jun 2022 08:45
Last Modified: 13 Jun 2022 08:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/6434

Actions (login required)

View Item View Item