Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS PEMASARAN PRODUK SKINCARE MELALUI PROSEDUR SHARE IN JAR_34 DG 2022

AKHMAD, ASQI FANIA PUTRI and Prananingtyas, Paramita and Irawati, Irawati (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS PEMASARAN PRODUK SKINCARE MELALUI PROSEDUR SHARE IN JAR_34 DG 2022. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Abstrak_ASQI FANIA PUTRI.pdf

Download (5kB)
[img] Text
cover_ASQI FANIA PUTRI.pdf

Download (567kB)
[img] Text
bab 1_ASQI FANIA PUTRI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
bab 2_ASQI FANIA PUTRI.pdf

Download (384kB)
[img] Text
bab 3 _ASQI FANIA PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
bab 4_ASQI FANIA PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)

Abstract

Perlindungan hukum terhadap konsumen dalam menggunakan barang dan/atau jasa telah diakomodir di dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK). Beberapa tahun terakhir, aktivitas bisnis jual beli produk perawatan dan kecantikan khususnya skincare dalam kemasan share in jar sangat diminati oleh konsumen. Hadirnya skincare tersebut di pasaran lebih banyak memberikan dampak negatif kepada konsumen daripada manfaatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum dan tanggung jawab hukum penjual terhadap konsumen serta upaya hukum yang dapat dilakukan konsumen terhadap penjual atas pemasaran produk skincare melalui prosedur share in jar berdasarkan UUPK. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif dengan menggunakan data sekunder sebagai sumber data utama dan didukung dengan wawancara kepada pihak terkait dalam penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen atas pemasaran produk skincare melalui prosedur share in jar dapat dilakukan secara preventif dan represif. Berdasarkan UUPK, yang bertanggung jawab atas pemasaran produk skincare melalui prosedur share in jar yaitu penjual yang memasarkan produk skincare melalui prosedur share in jar. Setiap konsumen yang dirugikan atas pemasaran produk skincare melalui prosedur share in jar dapat melakukan upaya penyelesaian secara damai, menggugat penjual melalui lembaga yang bertugas menyelesaikan sengketa konsumen serta mengajukan gugatan ke peradilan yang berada di lingkungan peradilan umum.
Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Skincare, Share In Jar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: fahimah FH
Date Deposited: 13 Jun 2022 05:22
Last Modified: 25 Nov 2022 01:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/6423

Actions (login required)

View Item View Item