Aulia, Meidiana and Indrawati, Endang Sri (2022) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH OTORITER DENGAN INTENSI KEKERASAN DALAM PACARAN PADA MAHASISWA FAKULTAS HUKUM ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text
Jurnal Repository.pdf Download (318kB) |
Abstract
Intensi kekerasan dalam pacaran adalah niat, dan rencana individu untuk melukai, menyerang ataupun memaksa pasangannya yang dilakukan secara sengaja dan bertujuan untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Pola asuh adalah sikap orang tua dalam berinteraksi dengan anak- anaknya. Sikap tersebut meliputi cara orangtua memberikan kontrol, aturan, informasi, dan perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris mengenai ada atau tidaknya Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter dengan Intensi Kekerasan dalam Pacaran pada Mahasiswa Fakultas Hukum Angkatan 2018 Universitas Diponegoro Semarang. Popolasi penelitian ini berjumlah 260 mahasiswa Fakultas Hukum Angkatan 2018 Universitas Diponegoro dengan sampel sebanyak 187 responden. Penelitian ini menggunakan teknik Convenience sampling. Data dikumpulkan menggunakan skala intensi kekerasan dalam pacaran (32 aitem, a = 0,952), dan skala pola asuh otoriter (24 aitem, a = 0,911). Analisis data menggunakan metode analisis regresi sederhana dengan koefisien rxy = 0,404 dengan signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Berdasarkan hasil analisis tersebut, terbukti bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara pola asuh otoriter dengan intensi kekerasan dalam pacaran pada mahasiswa Fakultas Hukum angkatan 2018 Universitas Diponegoro Semarang
Kata Kunci : Intensi Kekerasan dalam Pacaran, Pola Asuh Otoriter, Mahasiswa Fakultas Hukum Angkatan 2018 Universitas Diponegoro
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 07:21 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 07:21 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/6400 |
Actions (login required)
View Item |