Search for collections on Undip Repository

Evaluasi Layanan Menggunakan Fuzzy Service Quality dan End-User Computing Satisfaction untuk Penilaian Kualitas Massive Open Online Course

FIRDAUS, Iqbal and Farikhin, Farikhin and Surarso, Bayu (2021) Evaluasi Layanan Menggunakan Fuzzy Service Quality dan End-User Computing Satisfaction untuk Penilaian Kualitas Massive Open Online Course. Masters thesis, School of Postgraduate Studies.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (323kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (378kB)

Abstract

Kepuasan adalah salah satu variabel yang sering ditemukan dalam kualitas layanan. Massive Open Online Course (MOOC) adalah salah satu alternatif pembelajaran yang diikuti oleh banyak pengguna internet. MOOC mendukung untuk pembelajaran yang dapat diakses oleh banyak orang bersifat terbuka bagi mahasiswa dan disampaikan secara online. Kurangnya kualitas layanan bisa menjadi salah satu kendala terhadap tingkat kepuasan pengguna. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan keefektifan MOOC pada sistem pembelajaran penting dilakukan pengukuran kualitas layanannya. Tujuan penelitian ini mengukur kepuasan dari pengguna MOOC. Metode yang digunakan adalah fuzzy servqual dengan lima dimensi yang meliputi Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy dan model End-User Computing Satisfaction (EUCS) dengan lima dimensi yang meliputi Content, Accuracy, Format, Ease of Use, dan Timeliness. Dari hasil perhitungan fuzzy servqual menunjukkan bahwa atribut (P8) yaitu menyediakan layanan konten yang lengkap pada dimensi Reliability memiliki gap dengan nilai (-22,75), sedangkan atribut (P1) yaitu desain antarmuka dan warna yang menarik pada dimensi Tangibles memiliki gap dengan nilai (-9,92) dan untuk hasil perhitungan EUCS menunjukkan bahwa atribut (P15) yaitu sistem pembelajaran jelas dan dapat dimengerti pada dimensi Ease of Use memiliki persentase dengan nilai (79,00%), sedangkan atribut (P8) yaitu menyediakan layanan konten yang lengkap pada dimensi Content memiliki persentase dengan nilai (70,00%). Dari hasil penilaian pengguna menunjukkan bahwa MOOC sudah memberikan kepuasan dan sesuai harapan dari sisi user interface dan user friendly, namun dari sisi kelengkapan konten MOOC masih belum sesuai harapan mereka, sehingga perlu diprioritaskan dalam perbaikan layanan.
Kata kunci: MOOC, Servqual, Fuzzy Set, Gap, EUCS

Satisfaction is one variable that is often found in service quality. Massive Open Online Course (MOOC) is one of the learning alternatives that is followed by many internet users. MOOC supports multi-accessible learning that is open to students and delivered online. Lack of service quality can be an obstacle to user satisfaction. To determine the level of success and effectiveness of MOOC in the learning system, it is important to measure the quality of its service. The purpose of this study is to measure the satisfaction of MOOC users. The method used is fuzzy servqual with five dimensions which include Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, and Empathy and the End-User Computing Satisfaction (EUCS) model with five dimensions including Content, Accuracy, Format, Ease of Use, and Timeliness. From the results of the fuzzy servqual calculation, it shows that the attribute (P8), which provides complete content services on the Reliability dimension, has a gap with a value (-22.75), while the attribute (P1), namely the interface design and attractive colors on the Tangibles dimension, has a gap with the value (-9.92) and the EUCS calculation results show that the attribute (P15), namely the learning system is clear and understandable in the Ease of Use dimension, has a percentage with a value (79.00%), while the attribute (P8) is providing content services that are complete on the Content dimension has a percentage with a value (70.00%). From the results of the user assessment, it shows that MOOC has provided satisfaction and matches expectations in terms of user interface and user friendly, but in terms of completeness, MOOC content is still not according to their expectations, so it needs to be prioritized in service improvement.
Keywords: MOOC, Servqual, Fuzzy Set, Gap, EUCS

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: MOOC, Servqual, Fuzzy Set, Gap, EUCS
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Postgraduate Program > Master Program in Information System
Depositing User: ekana listianawati
Date Deposited: 28 Apr 2022 03:28
Last Modified: 28 Apr 2022 03:28
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/6087

Actions (login required)

View Item View Item