Search for collections on Undip Repository

QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DAN FUZZY SERVQUAL PADA IMPLEMENTASI EFEKTIVITAS IKLAN DI MEDIA SOSIAL

SULESTIYOWATI, Nenny and Isnanto, Rizal and Rochim, Adian Fatchur (2020) QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DAN FUZZY SERVQUAL PADA IMPLEMENTASI EFEKTIVITAS IKLAN DI MEDIA SOSIAL. Masters thesis, School of Postgraduate Studies.

[img] Text
COVER.pdf

Download (618kB)
[img] Text
Pengesahan_Nenny.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (781kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)

Abstract

Metode Quality Function Deployment dan Fuzzy Servqual merupakan metode yang umum digunakan untuk menyelesaikan suatu proses perencanaan yang membantu perusahaan untuk membuat perencanaan yang efektif dalam penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan yang prioritas, namun pada umumnya kedua metode tersebut digunakan secara terpisah. Pada penelitian ini kedua metode tersebut digabungkan dalam satu sistem informasi untuk menganalisis perbandingan iklan di media sosial pada platform Instagram, Line, dan Twitter dengan 5 dimensi servqual yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Sistem yang dibangun ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan strategi dan meningkatkan kualitas layanan iklan di beberapa media sosial. Penelitian ini telah mengimplementasikan integrasi logika fuzzy bertujuan untuk menghitung nilai bobot total, rata-rata, dan nilai gap dari subjektivitas hasil metode servqual. Sumber data penelitian dilakukan dengan penyebaran kuesioner pada pelanggan melalui google form pada bulan Juli 2020 dengan 40 responden. Hasil uji validitas dan uji keandalan menunjukkan bahwa atribut pertanyaan untuk kuesioner semuanya valid dan dapat diandalkan. Target utama dari perbaikan yang diusulkan dapat disimpulkan bahwa jika didapatkan nilai gap negatif terbesar adalah media sosial yang tidak efektif dan nilai gap negatif terkecil adalah media sosial yang paling efektif.
Kata kunci : quality function deployment, servqual, efektivitas, iklan, media sosial

Quality Function Deployment and Fuzzy Servqual methods are common methods used to complete a planning process that helps companies to make effective plans in using resources to achieve priority goals, but in general, the two methods are used separately. In this study, the two methods are combined in one information system to analyze the comparison of advertisements on social media on the Instagram, Line, and Twitter platforms with 5 servqual dimensions, namely tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. This research has implemented fuzzy logic integration which aims to calculate the total weight, average, and gap values of the subjectivity of the servqual method. Sources of research data were carried out by distributing questionnaires to customers via google form in July 2020 with 40 respondents. The results of the validity and reliability tests show that all of the question attributes for the questionnaire are valid and reliable. The main target of the proposed improvement can be concluded that if the largest negative gap value is obtained, social media is ineffective and the smallest negative gap value is the most effective social media.
Keywords: quality function deployment, effectiveness, advertising, social media

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: quality function deployment, servqual, efektivitas, iklan, media sosial
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Postgraduate Program > Master Program in Information System
Depositing User: ekana listianawati
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:22
Last Modified: 26 Apr 2022 03:22
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/5978

Actions (login required)

View Item View Item