Tamtomo, Diamon and Hardiman, Gagoek and Dwiyanto, Agung (2020) Islamic Boarding School Kota Semarang. Undergraduate thesis, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan merupakan jantung dari tubuh suatu bangsa, oleh karena itu pencapaian tujuan negara sangat bergantung pada keberhasilan sistem pendidikan. Dalam menghadapi masa depan maka tujuan pendidikan harus memungkinkan dipenuhinya tuntutan era globalisasi tanpa mengabaikan nilai-nilai moral atau nilai-nilai religius sebagai pilar utamanya. Tujuan global pendidikan itu perlu diarahkan kepada adanya persaingan namun cukup sehat dalam segala bidang kehidupan. Pendidikan adalah usaha orang dewasa untuk membimbing anak didik agar tumbuh dan berkembang menjadi manusia dewasa. Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengembangkan potensi-potensi manusia yaitu potensi jasmani dan rohani. Pendidikan hendaknya mampu mengembangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik anak didik secara maksimal. Di zaman era globalisasi ini banyak pengaruh negative yang kita temukan di lapangan yaitu adanya kenakalan remaja, pergaulan bebas, dan tawuran antar pelajar.
Visi pendidikan nasional yaitu “mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia yang bermoral dan berakhlak” mengandung implikasi bahwa penyelenggraan pendidikan haruslah mampu memadukan antara pendidikan ilmiah dengan pendidikan moral dan akhlak. Nilai-nilai agama adalah nilai-nilai universal yang dapat diimplementasikan dalam segala bidang. Oleh karena itu, maka Islam sebagai salah satu agama yang memiliki nilai-nilai luhur yang ajarannya bersifat menyeluruh, melingkupi hampir seluruh bidang kehidupan manusia menjadi alternatif pilihan terbaik untuk dijadikan landasan dalam pengembangan sistem pendidikan. Implementasi ajaran Islam bukan hanya sekedar tambahan atau tempelan dari keseluruhan kurikulum yang sudah ada, namun menjadi jiwa dari seluruh materi pembelajaran dimana nilainilai ini secara konstektual mewarnai setiap elemen kurikulum dan proses pembelajaran yang dikembangkan.
Dengan demikian Islam diajarkan bukan sekedar tekstual melalui materi pelajaran tertentu melainkan bagaimana sistem pendidikan memberikan peluang untuk penerapan kegiatan keseharian siswa baik secara formal dalam materi pelajaran maupun secara informal dalm interaksinya di luar ruang kelas pembelajaran. Anak merupakan generasi penerus bangsa. Maka dari itu untuk menghindari isu-isu global mengenai pendidikan maupun isu tentang keagamaan hendaknya diberikan sedari dini agar kelak dewasa nanti anak tersebut sudah membawa bekal berupa akhlak dan moral sehingga terhindar dari adanya isu-isu tersebut dan juga terhindar dari yang namanya kenakalan remaja. Dengan demikian, untuk menghindari terjadinya kemerosotan dalam pemahaman agama, maka anak-anak melalui pendidikan yang diberikan sejak dini dimana mereka mendapatkan pendidikan tentang urusan duniawi namun tetap berlandaskan agama sehingga anak tersebut dapat berkembang sesuai dengan jati diri yang berwawasan luas dan cerdas berdasarkan nilai-nilai Islam. Maka dari itu, untuk menghindari pengaruh negatif dari dunia luar maka sistem pendidikan sekarang dibuat dengan sistem boarding school atau sekolah asrama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Engineering > Architecture Engineering Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering |
Depositing User: | Users 181 not found. |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 03:06 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 03:06 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/5975 |
Actions (login required)
View Item |