Search for collections on Undip Repository

OPTIMASI SISTEM PENGANGKUTAN SAMPAH DI KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG

Pramesti, Ajeng Lakshita (2020) OPTIMASI SISTEM PENGANGKUTAN SAMPAH DI KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Ajeng Lakshita Pramesti_21080116140101_COVER PENGESAHAN ABSTRAK.pdf

Download (134kB)

Abstract

ABSTRAK
Kecamatan Tembalang memiliki penduduk terbanyak kedua di Kota Semarang sebanyak 206.271 jiwa dengan timbulan sampah sebanyak 158,2 m3. Kecamataan Tembalang memiliki 18 TPS, 23 kontainer, dan 7 kendaraan pengangkut untuk menangani sampah dari TPS menuju TPA Jatibarang. Persentase pelayanan pengangkutan sampah di Kecamatan Tembalang hanya sebesar 27% sedangkan target
pelayanan sampah sebesar 29%. Beberapa TPS belum dapat menampung timbulan sampah dari penduduk Kecamatan Tembalang. Kondisi jalan, jenis jalan, dan kecepatan kendaraan dari rute pengangkutan sampah mempengaruhi waktu pengangkutan sampah yang kemudian akan mempengaruhi biaya operasional yang dikeluarkan. Tujuan dari perencanaan ini adalah merencanakan sistem pengangkutan sampah di Kecamatan Tembalang dengan mengoptimalkan waktu dan biaya sesuai dengan target yang diinginkan oleh dinas terkait. Analisis sisa waktu kerja dan
kemampuan jumlah ritasi truk pada jam kerja menjadi patokan dalam optimasi ini. Sisa waktu kerja rata-rata yang dimiliki kendaraan pengangkut sampah di Kecamatan
Tembalang adalah 2,28 jam dengan jumlah ritasi 21 rit perhari. Rute pengangkutan dioptimasi menggunakan Network Analyst pada aplikasi berbasis GIS. Kondisi jalan
mempengaruhi waktu pelayanan yang dapat dilihat dari derajat kejenuhan jalan terendah yang terdapat pada pukul 05.00 – 15.00 menjadi waktu operasional yang ideal. Dari derajat kejenuhan tersebut didapat kecepatan rata-rata optimal 37,607 km/jam yang menyebabkan jumlah ritasi bertambah menjadi 34 rit/hari, dengan 31 kontainer dan sisa waktu kerja rata-rata adalah 1 jam. Optimasi tersebut menyebabkan meningkatnya persentase pelayanan menjadi 42%. Biaya Operasional kendaraan dihitung dengan metode PIC sehingga didapatkan peningkatan BOK sebesar
Rp694.262.870,53/tahun dengan penurunan biaya retribusi sebesar Rp1.983,59/KK/tahun dikarenakan pertambahan persentase pelayanan.
Kata Kunci: Pengangkutan Sampah, Kondisi Jalan, Waktu Operasional, Biaya Operasional Kenaraan, Optimasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Depositing User: anik riyanti
Date Deposited: 22 Apr 2022 02:08
Last Modified: 22 Apr 2022 02:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/5872

Actions (login required)

View Item View Item