Search for collections on Undip Repository

Kajian Literatur Penanganan Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Autis

Oceany, Reva Nofia (2020) Kajian Literatur Penanganan Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Autis. Undergraduate thesis, University of Diponegoro.

[img] Text (mensintesa literatur mengenai metode, media dan pihak yang terlibat dalam penanganan perkembangan sosial dan emosional anak autis)
Reva Nofia Oceany_22020116140105_Draft Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang: Anak autis mengalami permasalahan perkembangan sosial dan
emosional. Hal ini membuat anak autis kesulitan dalam mengekspresikan dan
mengelola emosi saat menjalin hubungan dengan orang lain. Penanganan dengan
metode dan waktu yang tepat dapat meminimalkan dampak dari gangguan
perkembangan yang dialami anak autis. Tujuan: Tujuan dari kajian literatur ini
adalah untuk mensintesa literatur mengenai metode, media dan pihak yang terlibat
dalam penanganan perkembangan sosial dan emosional anak autis Metode: Metode
yang digunakan adalah kajian literatur. Sebanyak 12 artikel yang terkait dengan
penanganan perkembangan sosial dan emosional anak autis digunakan dalam kajian
literatur ini. Artikel yang digunakan adalah jurnal nasional dan internasional dengan
rentang terbit dari tahun 2015-2020 yang dapat diakses di Science Direct, Scopus,
ProQuest, Clinical Key, Google Search, Google Scholar, dan Portal Garuda secara
fulltext. Selanjutnya artikel dianalisis dan disintesis kedalam tabel matiks sintesis.
Hasil: Gangguan perkembangan sosial dan emosional anak autis dapat diatasi
dengan berbagai macam metode intervensi, seperti terapi fisik, Cognitive Behavior
Therapy (CBT), intervensi Social Communication Emotional Regulation
Transactional Support (SCERTS), behavioral art program, terapi bermain, Peer�Mediated Intervention (PMI), dan Differential, individual differences,
Relationship-based (DIR). Metode tersebut dapar dipadankan dengan media
intervensi yang efektif bagi anak autis, yaitu media visual, musik dan bermain.
Kejasama dari berbagai pihak yang berhubungan langsung dengan anak autis dapat
mempengaruhi tingkat keberhasilan intervensi. Kesimpulan: Penanganan
perkembangan sosial dan emosional perlu disesuikan dengan kebutuhan
perkembangan yang sedang dialami oleh anak autis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nursing
Depositing User: Nisnaeni_ N_ Keperawatan_FK
Date Deposited: 08 Apr 2022 06:18
Last Modified: 08 Apr 2022 06:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/5731

Actions (login required)

View Item View Item