Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Customer Value dengan Intensi Membeli Virtual Goods pada Anggota Diponegoro Esports Community

Kusuma, Putra Ari and Indrawati, Endang Sri (2022) Hubungan antara Customer Value dengan Intensi Membeli Virtual Goods pada Anggota Diponegoro Esports Community. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Hubungan antara Customer Value dengan Intensi Membeli Virtual Goods Pada Anggota Diponegoro Esports Community.pdf

Download (72kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara customer value dengan intensi membeli virtual goods pada anggota Diponegoro Esports Community. Intensi membeli virtual goods adalah niatan yang ditunjukan oleh individu untuk menggunakan sumber daya yang dimiliknya demi memperoleh virtual goods yaitu suatu objek digital yang digunakan oleh individu untuk merepresentasikan, mengekspresikan, dan mengkomunikasikan dirinya dalam lingkungan game online. Customer value adalah penilaian keseluruhan mengenai manfaat dari suatu produk dengan mempertimbangkan pengorbanan untuk memperolehnya. Penelitian ini melibatkan 160 anggota Diponegoro Esports Community yang dipilih melalui teknik convenience sampling dengan kriteria akan membeli virtual goods di waktu yang akan datang, berusia 18-24 tahun, dan aktif bermain game online selama 3 bulan terakhir. Metode pengumpulan data menggunakan skala customer value (21 aitem, α = 0,880.) dan skala intensi membeli virtual goods (18 aitem, α = 0,873.). Metode analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil analisis data menunjukan koefisien korelasi sebesar 0,572. dengan nilai signifikansi 0,000., yang artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara customer value dengan intensi membeli virtual goods pada anggota Diponegoro Esports Community. Customer value memberikan sumbangan efektif sebesar 32,7% terhadap intensi membeli virtual goods. Sedangkan 67,3% lainnya ditentukan oleh variabel lain yang tidak terungkap dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Intensi Membeli, Virtual Goods, Customer Value

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 14 Nov 2022 02:39
Last Modified: 14 Nov 2022 02:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/5406

Actions (login required)

View Item View Item