SUSILOWATI, PRIMALITA and SKRIPSA, TIRA HAMDILLAH and WULANDARI, DIAH RAHAYU and NASIA, AVINA ANIN (2021) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS EDUKASI KESEHATAN GIGI ANTARA MEDIA ALAT PERAGA DENGAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIKAT GIGI SISWA TK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text (PRIMALITA-22010218130067-KTI-COVER)
PRIMALITA SUSILOWATI-22010218130067-KTI-COVER.pdf Download (283kB) |
|
Text (PRIMALITA-22010218130067-KTI-BAB I)
PRIMALITA SUSILOWATI-22010218130067-KTI-BAB 1.pdf Download (198kB) |
|
Text (PRIMALITA-22010218130067-KTI-BAB 2)
PRIMALITA SUSILOWATI-22010218130067-KTI-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (PRIMALITA-22010218130067-KTI-BAB 3)
PRIMALITA SUSILOWATI-22010218130067-KTI-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (PRIMALITA-22010218130067-KTI-BAB 4)
PRIMALITA SUSILOWATI-22010218130067-KTI-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (PRIMALITA-22010218130067-KTI-BAB 5)
PRIMALITA SUSILOWATI-22010218130067-KTI-BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
|
Text (PRIMALITA-22010218130067-KTI-BAB 6)
PRIMALITA SUSILOWATI-22010218130067-KTI-BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) | Request a copy |
|
Text (PRIMALITA-22010218130067-KTI-DAPUS-LAMPIRAN)
PRIMALITA SUSILOWATI-22010218130067-KTI-DAPUS-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang: Prevalensi karies yang terdata oleh Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI Tahun 2019 pada anak usia 3-4 tahun mencapai 81,1% dan pada anak usia 5-9 tahun mencapai 92,6%. Karies atau gigi berlubang yang tidak dirawat dapat menimbulkan rasa sakit pada gigi sehingga mengganggu penyerapan makanan. Hal tersebut juga akan mempengaruhi pertumbuhan anak serta waktu bermain yang berkurang akibat sakit gigi. Sejak dini, anak harus sudah diperkenalkan dan dibiasakan untuk menyikat gigi dengan baik secara menyenangkan dan tanpa paksaan. Oleh karena itu, dibutuhkan metode yang tepat dalam menyampaikan edukasi agar mudah diterima dan diimplementasikan oleh anak sebagai kebiasaan yang baru.
Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan efektivitas edukasi kesehatan gigi antara media alat peraga dengan media video dalam meningkatkan keterampilan menyikat gigi siswa TK.
Metode: Desain penelitian ini adalah quasi experiment dengan pendekatan two group pre-post test design yaitu pengukuran dilakukan sebelum dan sesudah dilakukan intervensi dengan 2 kelompok intervensi. Sampel pada penelitian ini adalah siswa usia prasekolah (4-6 tahun) di TK PGRI 27, TK PGRI 31, dan TK Islam Nurul Falah Semarang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner secara observasi. Data dianalisis menggunakan analisis univariat dan bivariat.
Hasil: Hasil penelitian didapatkan nilai p < 0,05 pada perbedaan peningkatan nilai keterampilan menyikat gigi antara edukasi kesehatan gigi dengan media alat peraga dan media video.
Kesimpulan: Edukasi kesehatan gigi dengan media alat peraga lebih efektif dibandingkan dengan media video dalam meningkatkan keterampilan menyikat gigi siswa TK.
Kata kunci: edukasi kesehatan, media edukasi kesehatan, kesehatan gigi dan mulut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | edukasi kesehatan, media edukasi kesehatan, kesehatan gigi dan mulut |
Subjects: | Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine > Department of Dentistry |
Depositing User: | Upload Mandiri FK |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 02:35 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 02:35 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/5333 |
Actions (login required)
View Item |