Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM USAHA DEPOT AIR MINUM (DAM) ISI ULANG DI KOTA CIREBON

AHDHAN, HELMI (2019) IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM USAHA DEPOT AIR MINUM (DAM) ISI ULANG DI KOTA CIREBON. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER.pdf

Download (143kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
Bab1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
BAb2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
Bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
Bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
Bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
Dapus.pdf

Download (158kB)

Abstract

Pemenuhan kebutuhan air minum di masyarakat Kota Cirebon dipenuhi sebesar 82,2% atau sebagian besar dipenuhi dari air perpipaan (PDAM dan non PDAM) dan
sumur gali penduduk dengan kualitas hasil pemeriksaan sampel air 75,2% tercemar secara bakteriologis. Untuk memenuhi ketersediaan air berkualitas tersebut banyak
dilakukan dengan membeli air minum dari depot air minum maupun air kemasan. Seiring dengan semakin menjamurnya usaha Depot Air Minum (DAM) isi ulang,
maka timbul beberapa permasalahan mengenai kualitas DAM isi ulang. Tujuan penelitan ini adalah mengetahui dan menganalisis implementasi perlindungan terhadap konsumen dalam usaha Depot Air Minum dan kendala yang
dihadapi dalam implementasi perlindungan terhadap konsumen dalam usaha Depot Air Minum di Kota Cirebon serta upaya mengatasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris, yakni pendekatan hukum sebagai kenyataan sosial dan kultural dalam menganalisis permasalahan dilakukan dengan cara memadukan bahan-bahan hukum dihubungkan dengan data primer yang diperoleh di lapangan atau fakta-fakta yang ada dari permasalahan yang akan diteliti. Data yang dibutuhkan dalam penelitian adalah data primer berupa hasil
wawancara dan pengamatan langsung di lapangan dan data sekunder yang berupa bahan hukum. Hasil penelitian didapatkan bahwa perlindungan konsumen telah dilakukan
oleh Dinas Kesehatan Kota Cirebon mulai tahap proses perijinan dan Sertifikat Laik Hygienis Sanitasi, fasilitas Depot Air Minum isi ulang, tahap pengolahan air minum
isi ulang, tahap proses jual beli air minum isi ulang, pengawasan dan pembinaan serta pada kompensasi kerugian yang mungkin dialami oleh konsumen sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dari 66 DAM di Kota Cirebon, ada 19 DAM yang sudah memperpanjang ijin Laik Hygiene Sanitasi dan 47 DAM lainnya yang belum
memperpanjang ijin, dikarenakan 47 depot tersebut tidak menggunakan Reverse Osmosis (RO) lagi setelah usahanya berjalan. Hal ini disebabkan mahalnya harga alat
Reverse Osmosis (RO) yang harus terpasang untuk menurunkan kadar bakteriologis E Coli dan Coliform pada air minum isi ulang. Kendala yang dihadapi dalam implementasi perlindungan terhadap konsumen
dalam usaha Depot Air Minum di Kota Cirebon ada pada DAM yang belum perpanjangan ijin dan dinyatakan tidak Laik Hygiene Sanitasi; tidak memungkinkannya penjelasan dan memperlihatkan alat-alat pengolahan air minum isi
ulang kepada konsumen; semakin bertambahnya DAM yang ada di Kota Cirebon. Kendala dari Konsumen, antara lain minimnya pengetahuan masyarakat (konsumen)
tentang persyaratan kualitas kesehatan air minum dan tentang persyaratan teknis Depot Air Minum yang Laik Higienis Sanitasi; masyarakat (konsumen) lebih ingin
cara mudah dan cepat tanpa harus pergi ke DAM. Kendala dari Dinas Kesehatan Kota Cirebon, antara lain minimnya pengaduan dari masyarakat; sistem hukum Indonesia
yang tidak memungkinkan suatu sengketa diselesaikan dengan cepat; Dinas Kesehatan tidak memiliki wewenang untuk menindaklanjuti depot-depot yang tidak memiliki izin dikarenakan belum adanya Peraturan Daerah yang mengatur lebih jelas mengenai hal tersebut, dan hanya dapat memberikan teguran dan tidak bisa memberikan sanksi yang lain.
Kata Kunci : Implementasi Perlindungan Konsumen, Usaha Depot Air Minu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Perlindungan Konsumen, Usaha Depot Air Minum
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: fahimah FH
Date Deposited: 07 Mar 2022 13:09
Last Modified: 07 Mar 2022 13:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/5247

Actions (login required)

View Item View Item