Search for collections on Undip Repository

Hubungan Antara Self-compassion dengan Academic Burnout pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring

Anggasa, Amira Khairunnisa and Kristiana, Ika Febrian (2022) Hubungan Antara Self-compassion dengan Academic Burnout pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
8. Abstrak_Amira Khairunnisa Anggasa_15000118140238.pdf

Download (93kB)

Abstract

Pandemi COVID-19 menyebabkan perubahan pada wajah pendidikan Indonesia, yaitu dengan penerapan pembelajaran daring. Metode pembelajaran daring dilaporkan telah menyebabkan kejenuhan akademik (academic burnout). Beberapa penelitian merekomendasikan self-compassion sebagai salah satu cara untuk mengatasi academic burnout. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara academic burnout dengan self-compassion pada mahasiswa selama pembelajaran daring. Subjek penelitian ini berjumlah 280 secara a priori dengan mempertimbangkan taraf kepercayaan sebesar 5%, nilai kekuatan statistik sebesar 95% serta nilai korelasi H1 sebesar 0,3 dan diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan ciri mahasiswa yang sedang berkuliah secara daring. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana menggunakan JASP untuk menguji hubungan X terhadap Y. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan negatif yang signifikan antara self-compassion terhadap academic burnout (r = - 0,522, p < ,001, 95%CI = -0,694–0,469). Self-compassion pada mahasiswa selama pembelajaran daring memberikan pengaruh negatif pada academic burnout sebesar 27,3%. Dianalisis juga berdasarkan jenis kelamin dan jurusan yang menyatakan bahwa keduanya tidak mempengaruhi tingkatan academic burnout dan self- compassion, sedangkan usia mempengaruhi secara signifikan tingkatan academic burnout dan self-compassion.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 14 Nov 2022 02:30
Last Modified: 14 Nov 2022 02:30
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/5182

Actions (login required)

View Item View Item