Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS WANPRESTASI E-COMMERCE PEGIPEGI.COM_007 DG 2018

MASLIANI, REGITA and Njatrijani, Rinitami and Budiharto, Budiharto (2018) PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS WANPRESTASI E-COMMERCE PEGIPEGI.COM_007 DG 2018. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Suplemen.pdf

Download (393kB)
[img] Text
Bab1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
Bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
Bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
Bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
Bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
Dapus.pdf

Download (249kB)

Abstract

E-commercediatur dalam Undang-Undang No. 11 Tahun 2008, Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 serta Peraturan Presiden Nomor 74 Tahun 2017. Bertransaksi melalui e-commerce itu mudah, nyaman serta efisien. Namun karena kedua belah pihak secara fisik tidak bertemu maka terdapat kemungkinan terjadi kecurangan atau kekeliruan yang dampaknya cenderung lebih merugikan konsumen. Tujuan penulisan hukum ini yaitu untuk mengetahui tanggung jawab pelaku usaha (pegipegi.com) kepada konsumen yang dirugikan akibat tidak dilaksanakannya kewajiban pegipegi.com serta upaya konsumen e-commerce pegipegi.com dalam mendapatkan perlindungan hukum dan ganti rugi atas kerugian akibat wanprestasi yang dilakukan pegipegi.com. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah yuridis normatif. Spesifikasi penelitian yang digunakan bersifat deskriptif analitis. Metode yang digunakan dalam menganalisis dan mengolah data-data yang terkumpul adalah analisis kualitatif. Pembahasan dalam penelitian ini yaitu tentang bentuk tanggung jawab yang diberikan oleh Pegipegi.com kepada konsumen seperti tanggung jawab atas perlindungan terhadap informasi pribadi serta pemberian ganti rugi. Di sisi lain juga dibahas mengenai upaya-upaya yang dapat dilakukan konsumen apabila setelah bertransaksi konsumen merasa dirugikan yaitu dengan memilih untuk menyelesaikan sengketa dengan jalan damai maupun dengan bantuan BPSK (non litigasi) atau memilih untuk menyelesaikannya melalui pengadilan (litigasi). Simpulan yang didapat penulis yaitu bahwa dalam ketentuan-ketentuan yang diberlakukan oleh pegipegi.com dalam bertransaksi dengan konsumen sesuai dengan peraturan peraturan hukum nasional Indonesia. Dalam upaya penyelesaian permasalahan dengan pegipegi.com, konsumen memilih menyelesaikannya dengan jalan damai atau secara non litigasi.
Kata Kunci: Perlindungan Hukum Konsumen, E-Commerce, Pegipegi.com

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: fahimah FH
Date Deposited: 29 Dec 2021 07:25
Last Modified: 01 Dec 2022 01:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/5047

Actions (login required)

View Item View Item