Search for collections on Undip Repository

Hubungan Berpikir Positif Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Jakenan Kabupaten Pati

Rifaldy, Daffa and Indriana, Yeniar (2021) Hubungan Berpikir Positif Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Jakenan Kabupaten Pati. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Ringkasan Abstrak.pdf

Download (65kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji hubungan antara berpikir positif dengan motivasi berprestasi. Hipotesis yang diajukan adalah berpikir positif memiliki hubungan positif dengan motivasi berprestasi di SMAN 1 Jakenan Kabupaten Pati. Penelitian ini melibatkan 143 siswa dari SMAN 1 Jakenan kelas XI sebagai partisipan penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan Skala Berpikir Positif (22 butir, α = 0,913), dan Skala Motivasi Berprestasi (37 butir, α = 0,929). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil uji menunjukan bahwa berpikir positif memiliki hubungan positif dengan motivasi berprestasi (rxy = 0,394) dan dapat menjadi prediktor yang signifikan. Artinya semakin tinggi tingkat berpikir positif, maka semakin tinggi motivasi berprestasi. Begitupun sebaliknya, semakin rendah tingkat berpikir positif, maka semakin rendah motivasi berprestasi. Berpikir positif memberikan sumbangan efektif sebesar 15,5% terhadap motivasi berprestasi pada siswa kelas XI SMAN 1 Jakenan Kabupaten Pati. Dengan adanya berpikir positif dan motivasi berprestasi yang tinggi diharapkan siswa dapat terpacu untuk terus menerus meningkatkan prestasi akademis dan non-akademis. Peneliti berikutnya dapat menggunakan atau mencari variabel lain yang dapat mempengaruhi motivasi berprestasi, khususnya pada populasi pelajar atau mahasiswa.
Kata kunci: motivasi berprestasi, berpikir positif, siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:22
Last Modified: 04 Nov 2022 03:22
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/4959

Actions (login required)

View Item View Item