Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KUALITAS PELAYANAN PADA DRIVER TAKSI PT. BLUE BIRD DI KOTA SEMARANG

Nugroho, Pratama Cahyo and Dewi, Endah Kumala (2021) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KUALITAS PELAYANAN PADA DRIVER TAKSI PT. BLUE BIRD DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
7. Ringkasan Skripsi_Pratama Cahyo Nugroho_1500011740090.pdf

Download (401kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan kualitas pelayanan pada driver
taksi PT.Blue Bird di Kota Semarang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu, terdapat korelasi yang
positif antara hubungan efikasi diri dengan kualitas pelayanan pada driver taksi PT. Blue Bird di Kota Semarang.
Metode pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan metode convenience sampling dan diperoleh 60 driver
taksi PT. Blue Bird. Alat ukur yang digunakan adalah skala Efikasi Diri (20 aitem; α= 0,878) dan Skala Kualitas
Pelayanan (19 aitem; α= 0,841). Karakteristik subjek pada penelitian ini adalah driver taksi yang masih akitf,
memiliki rentang kerja minimal 6 bulan, dan berdomisili asli Semarang. Hasil uji hipotesis menggunakan korelasi
analisis regresi sederhana dengan koefisien korelasi (rxy) antara Efikasi Diri dengan Kualitas Pelayanan 0,688
(p=0,001). Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubugan positif yang signifikan antara efikasi diri dengan
kualitas pelayanan pada driver taksi Blue Bird di Kota Semarang. Artinya semakin tinggi tingkat efikasi yang
dimiliki, maka kualitas pelayanannya ikut meningkat juga. Sebaliknya, jika tingkat efikasi diri yang rendah, maka
rendah pula kualitas pelayanannya. Efikasi diri memberikan sumbangan efektif sebesar 30,6% terhadap kualitas
pelayanan pada driver taksi PT. Blue Bird di Kota Semarang. Peneliti berikutnya dapat menggunakan jumlah
sampel data yang lebih banyak dari penelitian ini. Hal tersebut dimaksudkan karena semakin besar populasi yang
digunakan, maka semakin mewakili kondisi yang riil. Peneliti juga menyarankan untuk menggunakan variabel
lain yang dapat diteliti secara relevan, untuk memperluas kajian variabel prediktor yaitu efikasi diri.
Kata kunci: efikasi diri; kualitas pelayanan; driver taksi; PT. Blue Bird; Kota Semarang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:22
Last Modified: 04 Nov 2022 03:22
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/4958

Actions (login required)

View Item View Item