Yuanah, Siti and Sakti, Hastaning (2021) Pengaruh Yin-Yoga Online Terhadap Stres dan Kelekatan Ibu yang Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi COVID-19. Masters thesis, Fakultas Psikologi.
Full text not available from this repository.Abstract
Intervensi Yin-Yoga adalah bentuk lambat dari yoga yang di antaranya berisi
bertahan di sebuah postur dengan waktu yang lama sekitar 3 menit, bernafas dengn
tenang dan memfokuskan perhatian pada nafas dan membiarkan sensasi apapun
yang masuk ke tubuh. Intervensi Yin-Yoga Pada penelitian ini menggunakan 4
prinsip yaitu mencari sudut, diam, tahan sebentar, dan melepaskan dengan perlahan,
Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah intervensi Yin-Yoga menurunkan stress
dan meningkatkan kelekatan pada ibu yang mendampingi anak belajar online di
rumah selama masa pandemi Covid-19. Populasi yang digunakan pada penelitian
ini merupakan populasi Kecamatan Banyumanik Semarang. Subjek secara sukarela
bersedia mengikuti intervensi sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan, dengan
jumlah kelompok eksperimen 8 orang dan kelompok kontrol 6 orang. Alat ukur
yang digunakan pada penelitian ini adalah Skala Stres (10 aitem: α = 0,883) dan
Skala Kelekatan (30 aitem: α = 0,927).
Penelitian ini menunjukkan hasil intervensi yin-yoga online terhadap stress dan
kelekatan ibu yang mendampingi anak belajar online di rumah pada masa pandemi
Covid-19 pertama intervensi yin-yoga dapat menurunkan tingkat stress sebesar -
2.125 (SD= 2.03, p=0,021). Kedua menunjukkan hasil intervensi yin-yoga tidak
berpengaruh secara signifikan terhadap yaitu sebesar 2,625 (SD=4,65, p=0,155)
terhadap tingkat kelekatan ibu dan anak.
Kata Kunci: intervensi; yin-yoga; kelekatan; stress; ibu
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Humanities Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Users 14 not found. |
Date Deposited: | 07 Oct 2021 09:20 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 09:20 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/4560 |
Actions (login required)
View Item |