Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Harga Diri dengan Perilaku Cyberbullying Pada Siswa SMA X Semarang

Nazara, Prisca Meilda Ayu and Rusmawati, Diana (2021) Hubungan antara Harga Diri dengan Perilaku Cyberbullying Pada Siswa SMA X Semarang. Undergraduate thesis, Undip.

[img] PDF
Hubungan Antara Harga Diri dengan Perilaku Cyberbullying Pada Siswa SMA X Semarang.pdf

Download (193kB)

Abstract

Perilaku cyberbullying merupakan perilaku yang menyakiti, menyerang, menakuti, mempermalukan, dan mengintimidasi orang lain, yang dilakukan secara sengaja dan berulang melalui media sosial. Harga diri merupakan evaluasi individu terhadap dirinya sendiri secara positif dan negatif yang mengindikasikan sejauh mana individu merasa puas dan menerima dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keterkaitan antara harga diri dengan perilaku cyberbullying pada siswa SMA X Semarang. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas 10, 11 dan 12 sebanyak 1.184. Menggunakan cluster sampling, sebanyak 284 siswa menjadi partisipan dalam penelitian ini. Instrumen ukur yang dipakai adalah Skala Harga Diri (50 aitem, α = 0,930) dan Skala Perilaku Cyberbullying (23 aitem, α = 0,880). Hasil analisis menggunakan teknik Spearman’s Rank-order menunjukkan adanya hubungan negatif antara harga diri dan perilaku cyberbullying yang tergolong lemah, namun hasil yang didapatkan signifikan secara statistik (rs = -0,203, p = 0,001). Meskipun memiliki hubungan yang lemah, tetap dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi harga diri maka semakin rendah perilaku cyberbullying, dan sebaliknya semakin rendah harga diri maka semakin tinggi perilaku cyberbullying.

Kata kunci: harga diri, perilaku cyberbullying, remaja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 11 Aug 2022 05:45
Last Modified: 11 Aug 2022 05:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/4507

Actions (login required)

View Item View Item