Search for collections on Undip Repository

Hubungan Adiksi Media Sosial Instagram dengan Penerimaan Diri Siswa SMAN 2 Ungaran

Nadayu, Salsabila Putri and Widodo, Prasetyo Budi (2021) Hubungan Adiksi Media Sosial Instagram dengan Penerimaan Diri Siswa SMAN 2 Ungaran. Undergraduate thesis, Undip.

[img] PDF
Hubungan Adiksi Media Sosial Instagram Dengan Penerimaan Diri Siswa SMAN 2 Ungaran.pdf

Download (300kB)

Abstract

Penerimaan diri merupakan aspek penting dalam individu untuk dapat memahami diri dan menghadapi berbagai situasi kehidupan yang digambarkan sebagai sikap puas terhadap pribadi sendiri, baik dari segi kemampuan diri maupun pengakuan akan adanya kekurangan dalam diri. Pada masa saat ini media sosial sangat melekat dengan kehidupan sehari-hari, namun penggunaan media sosial dapat memberikan efek ketergantungan dan berdampak pada penerimaan diri remaja. Adiksi media sosial Instagram merupakan perilaku yang secara berlebihan sibuk pada media sosial, ditandai dengan adanya dorongan yang kuat untuk mengakses media sosial, serta menghabiskan banyak waktu dan upaya untuk mengakses media sosial sehingga berdampak pada berbagai aspek kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara adiksi media sosial Instagram dengan penerimaan diri. Populasi penelitian ini adalah 801 siswa kelas X dan XI SMAN 2 Ungaran, dengan sampel penelitian sejumlah 261 siswa (66% perempuan; rentang usia 15-18 tahun) yang diambil dengan menggunakan teknik stratified-cluster sampling. Penggalian data dilakukan dengan menggunakan Skala Adaptasi Penerimaan Diri Berger (1952) (30 aitem valid; α = 0,91) dan Skala Adiksi Media Sosial Instagram (44 aitem valid; α = 0,93). Analisis data dilakukan dengan teknik analisis regresi sederhana dengan hasil koefisien korelasi rxy = -0,270 dengan nilai signifikansi 0,00 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan terdapat korelasi negatif antara adiksi media sosial Instagram dan penerimaan diri. Artinya, semakin tinggi tingkat adiksi media sosial Instagram semakin rendah penerimaan diri siswa, dapat berlaku juga sebaliknya. Adiksi media sosial Instagram memberikan sumbangan efektif sebesar 7,3 % pada penerimaan diri siswa SMAN 2 Ungaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 11 Aug 2022 04:55
Last Modified: 11 Aug 2022 04:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/4475

Actions (login required)

View Item View Item