Search for collections on Undip Repository

Hubungan Antara Persepsi Terhadap Celebrity Endorser Pada Media Sosial Instagram Dan Kecenderungan Pembelian Kompulsif Online Pada Remaja

Heningtyas, Padmalita and Widodo, PB (2021) Hubungan Antara Persepsi Terhadap Celebrity Endorser Pada Media Sosial Instagram Dan Kecenderungan Pembelian Kompulsif Online Pada Remaja. Undergraduate thesis, Undip.

[img] PDF
Repository_15000117130154.pdf

Download (72kB)

Abstract

Pembelian kompulsif online merupakan pembelian berulang dan cepat secara online. Pembelian kompulsif online dapat terjadi salah satunya karena faktor iklan. Bentuk iklan yang paling umum digunakan yaitu endorsement oleh selebritas pada berbagai media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap celebrity endorser pada media sosial Instagram dengan kecenderungan pembelian kompulsif online pada remaja. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara persepsi terhadap celebrity endorser pada media sosial Instagram dengan kecenderungan pembelian kompulsif online pada remaja. Sampel penelitian berjumlah 147 remaja, dengan 43 remaja laki-laki dan 104 remaja perempuan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah teknik proporsionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan Skala Persepsi terhadap Celebrity Endorser (36 aitem valid, α = 0,891) dan Skala Pembelian Kompulsif Online (32 aitem valid, α = 0,877). Analisis data menggunakan analisis non parametrik Spearman Rho. Hasil analisis menunjukkan koefisien korelasi antar variabel sebesar 0,306 dengan p = 0,000 (p<0,05). Sehingga hal ini menunjukkan bahwa adanya hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap celebrity endorser pada media sosial Instagram dengan kecenderungan pembelian kompulsif online. Semakin tinggi persepsi terhadap celebrity endorser pada media sosial Instagram maka semakin tinggi pula kecenderungan pembelian kompulsif online, dan sebaliknya semakin rendah persepsi terhadap celebrity endorser pada media sosial Instagram maka semakin rendah pula kecenderungan pembelian kompulsif online. Peneliti selanjutnya dapat memerhatikan mengenai frekuensi belanja dan uang saku remaja guna memperluas kajian penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 28 Dec 2021 10:05
Last Modified: 28 Dec 2021 10:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/4428

Actions (login required)

View Item View Item