Azhari, Safika (2025) EVALUASI KEBIJAKAN MENANGANI ANAK TIDAK SEKOLAH DI KABUPATEN PEKALONGAN (Studi Penelitian Program KUDU SEKOLAH – Kembalikan Upaya Dukungan Untuk Sekolah). Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
Cover (2).pdf Download (717kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
BAB II (1).pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
BAB III..pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
BAB IV .pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN .pdf Download (1MB) |
Abstract
Sebelum adanya program gerakan KUDU Sekolah, permasalahan anak tidak sekolah di Kabupaten Pekalongan belum tertangani secara sistematis melalui regulasi atau program yang terstruktur. Kondisi ini diperparah oleh tantangan yang dihadapi sistem pendidikan yaitu ketidakmerataan akses dan kualitas pendidikan. Selain itu, persepsi masyarakat yang meragukan korelasi antara pendidikan tinggi dan kesuksesan ekonomi yang turut berkontribusi pada rendahnya angka partisipasi pendidikan di kalangan anak usia sekolah. Dari awal munculnya program Kudu Sekolah pada tahun 2019, jumlah anak tidak sekolah di Kabupaten Pekalongan berjumlah sebanyak 3949 anak dan mengalami peningkatan pada tahun 2023 berjumlah 4850 anak. Dengan adanya program Kudu Sekolah pemkab berusaha untuk mengurangi angka tidak sekolah dan meningkatkan Pendidikan di Kabupaten Pekalongan untuk menjadi yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kebijakan program kudu sekolah yang ditinjau dengan hasil output keberjalanan pada tahun 2023 , menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara dengan staf bapeda kabupaten pekalongan, serta masyarakat. Kajian ini menggunakan teori evaluasi kebijakan menurut wiliam n dunn (2003) yang menggunakan 6(enam) aspek yaitu efektivitas, efisiensi, perataan, responsivitas, ketepatan, dan kecukupan. Berdasarkan hasil lapangan menunjukkan bahwa pelaksanaan program Kudu Sekolah menunjukkan hasil yang signifikan dalam mengatasi anak tidak sekolah di Kabupaten Pekalongan pada tahun 2019-2023, program ini berhasil mengembalikan sebanyak 2.396 anak ke jalur Pendidikan yang merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan akses Pendidikan di tingkat daerah serta diimbangi dengan dukungan anggaran yang meningkat. Sejak diluncurkan program Kudu Sekolah telah berfokus pada pengurangan jumlah anak tidak sekolah melalui berbagai strategi, termasuk pendekatan langsung kepada keluarga yang memiliki anak usia bersekolah akan tetapi putus di tengah jalan yaitu pemkab berusaha mengajak kembali ke sekolah dengan memberikan materi dan dukungan seragam gratis. Namun, dalam keberjalanan program Kudu Sekolah masih terdapat beberapa komponen yang menghambat keberjalanan program yaitu penerapan kesenjangan akses dengan adanya sistem zonasi dan masih banyak tim program tingkat desa yang belum menguasai teknologi digital.
Kata kunci: Evaluasi, Program KUDU Sekolah, Kebijakan, Anak Tidak Sekolah
67 Ilmu Pemerintahan 2025
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 04:33 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 04:33 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/30775 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |