Amir, Muhammad Syaiful (2024) PENGARUH REPUTASI MARKETPLACE TOKOPEDIA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPERCAYAAN (TRUST) PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA PELANGGAN MARKETPLACE TOKOPEDIA). Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik universitas Diponegoro.
![]() |
Text
COVER.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf - Submitted Version Download (933kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf - Submitted Version Download (483kB) |
![]() |
Text
Bab 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (727kB) |
![]() |
Text
Bab 4.pdf - Submitted Version Download (18kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (280kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Berkembangnya teknologi khususnya pada sistem penjualan secara online di Indonesia
menciptakan gaya baru dalam proses transaksi jual beli. Hal ini dapat dilihat dari salah
satu marketplace di Indonesia yaitu Tokopedia yang saat ini menjadi platform jual beli
online yang sangat tinggi peminatnya. Hal tersebut menciptakan loyalitas pada
pengguna Tokopedia yang didorong dari rasa kepercayaan pelanggan yang tinggi.
Kepercayaan pelanggan yang tinggi dapat dipengaruhi dari tiga komponen yaitu
integritas, kebaikan dan kompetensi. Kenyataanya, tidak semua marketplace memiliki
reputsi yang baik sehingga dapat menciptakan rasa loyalitas tinggi pada platform
marketplace termasuk pada platform marketplace Tokopedia. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh antara reputasi marketplace Tokopedia terhadap Loyalitas
pelanggan dengan kepercayaan sebagai mediator.
Tipe penelitian ini yaitu explanatory research dengan pendekatan kuantitatif dan
menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden yang pernah melakukan
10 kali transaksi pada marketplace Tokopedia dalam kurun waktu 1 tahun. Metode
analisis data yang digunakan adalah analisi regresi dengan menggunakan aplikasi
Smart PLS versi 4.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara
reputasi marketplace Tokopedia terhadap loyalitas pelanggan baik secara langsung
maupun tidak langsung dengan adanya kepercayaan pelanggan sebagai mediator.
begitu juga dengan kepercayaan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan,
serta terdapat pengaruh antara reputasi dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas
pelanggan. Adapun saran yang diberikan kepada pihak Tokopedia pada loyalitas
pelanggan yang perlu adanya tindakan/upaya yang dilakukan sehingga meningkatkan
loyalitas pelanggan. Untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, Tokopedia perlu
meningkatkan reputasi marketplace tanpa menjadikan kepercayaan/trust pelanggan
sebagai mediator karena terdapat hubungan langsung antar ketiga variabel tersebut
dengan tujuan untuk lebih mengefektifkan dana dan mengefesiensikan waktu yang
perlu dikeluarkan perusahaan Tokopedia.
Kata kunci : Reputasi, Kepercayaan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 02:54 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 02:54 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/29089 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |